SILABUS MATA KULIAH
Program Studi : ….
Kode Mata Kuliah : …
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia
Jumlah sks : … sks
Semester : …
Mata Kuliah Pra Syarat : -
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah bahasa Indonesia sebagai MPK menekankan keterampilan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam ranah membaca, berbicara, menyimak, dan menulis.
Standar kompetensi : Mahasiswa terampil berbahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dan bahasa Nasional secara baik dan benar untuk menguasai, menerapkan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni sebagai perwujudan kecintaan dan kebanggaan terhadap bahasa Indonesia.
Kompetensi dasar | Indikator | Pengalaman belajar | Materi Ajar | Waktu | Alat/Bahan/Sumber belajar | Penilaian |
1. Mahasiswa dapat menceritakan secara singkat sejarah perkembangan bahasa Indonesia dan mahasiswa dapat menjelaskan secara singkat pengertian bahasa | 1. Mahasiswa mampu menyebutkan periode singkat sejarah perkembangan bahasa Indonesia 2. mahasiswa mampu menulis batasan mengenai bahasa 3. Mahasiswa mampu memberikan penjelasan singkat mengenai bahasa 4. Mahasiswa mampu menyebutkan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. | Mahasiswa membaca bahan sejarah perkembanagan bahasa Indonesia. Mahasiswa mendengarkan penjelasan mengenai periode perkembangan bahasa Indonesia. Mahasiswa mencatat ringkasan. Mahasiswa mendengarkan penjelasan tentang pengertian bahasa. mendengarkan tentang penjelasan sejarah bahasa Indonesia Mahasiswa mendengarkan penjelasan tentang pengertian bahasa | Sejarah bahasa Indonesia Batasan bahasa Hakikat kedudukan bahasa Indonesia (sikap penutur bahasa) | 100' | Bahan fotokopi sejarah perkembangan bahasa Indonesia dan pengertian bahasa. Skema sejarah bahasa Indonesia. Halim dan Yayah (1983). Marhijanto (t.t.) Yamilah (1994). | Perilaku harian dan sikap harian |
2. Mahasiswa dapat menyebutkan salah satu hakikat bahasa (beserta contoh) dan menyebutkan salah satu fungsi bahasa (beserta contoh) | 1. Mahasiswa dapat menyebutkan hakikat bahasa 2. Mahasiswa dapat menyebutkan fungsi bahasa 3. Mahasiswa dapat memberikan contoh hakikat bahasa 4. mahasiswa dapat membeikan contoh fungsi bahasa. | Mahasiswa mengumpulkan dan salah satu membacakan hasil tugas rumah mengenai hakikat bahasa Mahasiswa mengumpulkan tugas rumah contah penggunaan bahasa (yang sudah diarahkan sesuai fungsi bahasa oleh dosen) dan salah satu membacakan. Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen mengenai hakikat dan fungsi bahasa. Mahasiswa mencatat secara ringkas hakikat bahasa dan fungsi bahasa | Hakikat bahasa Fungsi bahasa Identifikasi fungsi bahasa | 100' | Bahan fotokopi Tugas yang dikumpulkan mahasiswa Chaer (1994) Hidayat (2006) | Perilaku harian Wawancara |
3. Mahasiswa dapat mengidentifikasi bahasa Indonesia ragam ilmu | 1. Mahasiswa mampu menyebutkan ragam bahasa 2. Mahasiswa mampu menunjukkan contoh masing-masing ragam bahasa 3. Mahasiswa mampu menjodohkan ragam bahasa dengan kelompok orang yang menggunakan ragam tersebut. | Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen tentang ragam bahasa Mahasiswa mencatat kelompok manusia yang mempergunakan ragam bahasa. | Batasan ragam bahasa Ragam bahasa ilmiah Ragam bahasa bisnis Ragam bahasa sastra Ragam Bahasa filosof Ragam bahasa jurnalistik | 100' | Utami (2001) Widhowati, dkk. (1992) Prayitno, dkk. (2000) Ramblan, dkk (1992). | Perilaku harian wawancara |
4. Mahasiswa dapat mengidentifikasikan bahasa Indonesia yang baik dan benar | 1. Mahasiswa mampu menulis dengan mempergunakan huruf sesuai ejaan. 2. Mahasiswa mampu menulis dengan mempergunakan tanda baca sesuai dengan ejaan. 3. Mahasiswa mampu menulis dengan mempergunakan istilah sesuai dengan ejaan. | Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen. Mahasiswa menulis karya dengan menerapkan huruf dan tanda baca sesuai ejaan yang sudah dijelaskan. Mahasiswa menuliskan istilah baku berdasarkan istilah asing yang didektekan oleh dosen | Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah | 100' | Widhowati, dkk. (1990) EYD (2008) Prayitno, dkk. (2000) Ramlan, dkk. (1992) Kridalaksana (2006) Pedoman Transliterasi Arab-Indonesia. | Wawancara Perilaku Harian |
5. Mahasiswa dapat menulis kalimat efektif | 1. Mahasiswa mampu membuat kalimat berstruktur SPO 2, Mahasiswa mampu mengoreksi kesalahan struktur kalimat yang dibuat/dikutip dari bacaan/wawancara 3. Mahasiswa dapat mengedit kalimat yang telah dibuat oleh teman. 4. Mahasiswa dapat membuat paraphrase hasil wawancara/wacana | Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen tentang kalimat efektif Mahasiswa mendengarkan penjelasan tentang struktur kalimat Mahasiswa membuat kalimat sendiri. Mahasiswa mengoreksi kalimat yang telah dibuat. Mahasiswa Mengoreksi kalimat yang dikutip dari bahan bacaan/wawancara Mahasiswa mengoreksi kalimat yang dibuat oleh teman Mahasiswa membuat paraphrase untuk hasil wawancara/wacana | Batasan kalimat Struktur kalimat Pengertian kalimat efektif | 100' | Kalimat hasil kutipan mahasiswa Kalimat hasil tulisan mahasiswa Badudu Razak (1994) Prayitno dkk. (2000) Keraf (1988) Natawidjaja (1996) | Perilaku harian wawancara |
6. Mahasiswa dapat menulis paragraf dengan pola pikir yang jelas. | 1. Mahasiswa mampu membuat paragraf berpola pikir induktif 2. Mahasiswa mampu membuat paragraf berpola pikir deduktif. 3. Mahasiswa mengetahui pola pikir dalam paragraf | Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen Mahasiswa membuat paragraf berpola pikir induktif Mahasiswa membuat paragraf berpola pikir Mahasiswa membuat paragraf berdasarkan kalimat yang ada. | Pengertian Paragraf Pola pikir pagraf Pengembangan paragraf | 100' | Parera, (1987). Badan Penerbit Undip (1994) Prayitno, dkk. (2000) | Perilaku harian |
7. Mahasiswa dapat menyusun karya ilmiah untuk berbagai kepentingan sesuai dengan ragam ilmu --PKM, LKTM, proposal, dan laporan penelitian. | 1. Mahasiswa mampu mengindentifikasi format karya ilmiah –PKM, LTKM, proposal, PKMI, artikel publikasi, dan laporan penelitian 2. Mahasiswa mampu menyusun salah satu karya ilmiah 3. Mahasiswa mampu proposal penelitian | Mahasiswa membaca berbagai pedoman penulisan karya ilmiah bidang ilmu yang ditekuni Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen. Mahasiswa mendiskusikan hasil pembacaan pedoman penulisan karya ilmiah Mahasiswa menuliskan secara ringkas tentang pedoman berbagai penulisan ragam ilmu | Ragam Bahasa II Pedoman PKM. Pedoman LKTM Pedoman PKMI Pedoman laporan penelitian Pedoman artikel publikasi Pedoman proposal penelitian | Bahan fotokopi pedoman PKM dari Dikti. Pedoman skripsi fakultas di UMS Prayitno, dkk. (2000) Pedoman LTKM Pedoman PKMI | Wawancara Perilaku harian | |
8. Mahasiswa dapat menulis sebuah karya ilmiah (untuk PKMP atau PKMI atau seminar dan diskusi) | 1. Mahasiswa mampu menulis topik artikel ilmiah berdasarkan penelitian yang dimiliki atau laporan tugas praktik di laboratorium. 2. Mahasiswa mampu menulis rumusan masalah dari topic yang sudah ditulis. 3. Mahasiswa mampu menulis bagian pendahuluan karya ilmiah 4. Mahasiswa mampu menulis bagian pembasan atau isi karangan 5. Mahasiswa mampu menulis daftar pustaka 6. Mahasiswa mampu menulis kutipan langsung dan tidak langsung dalam karya ilmiah. | Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen Mahasiswa melakukan konsultasi Mahasiswa menulis topic karya ilmiah dan didiskusikan dengan dosen. Mahasiswa menulis bagian rumusan masalah. Mahasiswa menulis bagian pendahuluan karya ilmiah Mahasiswa menulis karya ilmiah bagian pembahasan atau isi karangan Mahasiswa menulis sebuah daftar pustaka Mahasiswa menulis kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. | Penulisan Karya tulis ilmiah
| 4 x 100' | Sudjana dan Ulung (2001). Barnum (2000) Prayitno, dkk. (2000). Keraf Badan Penerbit Undip (1994) Djuroto dan Bambang, (2002) Indriati, (2001) Hartono. (2002) Yamilah dan Slamet (1994.) Parera (1987) | Perilaku harian
|
9. Mahasiswa dapat menyebutkan dan menyajikan jenis ragam lisan ilmiah | 1. Mahasiswa mampu menyebutkan ragam lisan ilmiah 2. Mahasiswa mampu membuat sajian lisan berbentuk power point 3. Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan ketika presentasi | Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen. Mahasiswa menyajikan secara lisan karya ilmiah Mahasiswa membuat presentasi dengan power point | Ragam lisan ilmiah (seminar, workshop, dsb.) Presentasi hasil karya tulis ilmiah | 100' | Karya presentasi karya ilmiah program power point. Karya imliah hasil mahasiswa Proposal PKM Artikel PKMI | Perilaku harian. |
Bahan Bacaan
Badan Penerbit Undip. 1994. Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Pelajaran Bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Dasar Umum/Wajib Universitas. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Badudu, J.S. 1984. Inilah Bahasa Indonesia Yang Benar. Jakarta: PT Gramedia.
Barnum, Barbara Steven. 2000. Penulisan dan Penerbitan Buku. Pegangan untuk Perawat.Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2002. Menulis Artikel dan Karya Ilmiah. Bandung: Rosdakarya.
Fondiller, Shirley H. 2002. Buku Pintar Penulisan Pedoman bagi Profesi Kesehatan. Edisi 2. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Halim, Amran dan Yayah B. Lumintang. 19983. Konggres Bahasa Indonesia III. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Hartono. 2002. Bagaimana Menulis Tesis? Petunjuk Komprehensif tentang Isi dan Proses. Malang: UMM.
Hidayat, Asep Ahmad. 2006. Filsafat Bahasa Mengungkap Haikat Bahasa, Makna dan Tanda. Bandung: PT Rosdakarya.
Indriati, Etty. 2001. Menulis Karya Ilmiah. Artikel, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: PT Gramedia.
Keraf, Gorys. 1982. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.
Keraf, Gorys.1988. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.
Kridalaksana, Harimurti. 2006. Pembentukan Istilah. Jakarta: Gramedia.
Marhijanto, Bambang. T.t. Pintar Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas 1, 2, dan 3. Surabaya: Gitamedia Press.
Natawidjaja, P. Suparman. 1996, Teras Komposisi. Jakarta: Penerbit PT Intemasa.
Parera, Jos Daniel. 1987. Menulis Tertib dan Sistematik. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.
Prayitno, Harun Joko. Dkk. 2000. Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: MUP.
Ramlan, M. dkk. 1992. Bahasa Indonesia Yang Salah dan Yang Benar. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
Razak, Abdul. 1988. Kalimat Efektif: Struktur, Gaya, dan Variasi. Jakarta: PT Gramedia.
Sudjana, H. Nana dan H. Ulung Laksamana. 2001. Menyusun Karya Tulis Ilmiah untuk Memperoleh Angka Kredit. Bandung:
Sinar Baru Algensindo.
Utami, Sintowati Rini dan Sudiharto. 2001. Bahasa Indonesia untuk Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Wedhawati dkk. 1990. Penting Buat Anda. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Yamilah, M. dan Slamet Samsoerizal. 1994. Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Tenaga Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran ECG