Selasa, 26 April 2011

SILABUS MATA KULIAH


 


 


 


 

SILABUS MATA KULIAH


 


 

Program Studi            : ….

Kode Mata Kuliah        : …

Mata Kuliah            : Bahasa Indonesia

Jumlah sks            : … sks

Semester            : …

Mata Kuliah Pra Syarat    : -

Deskripsi Mata Kuliah    : Mata kuliah bahasa Indonesia sebagai MPK menekankan keterampilan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam ranah membaca, berbicara, menyimak, dan menulis.

Standar kompetensi        : Mahasiswa terampil berbahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dan bahasa Nasional secara baik dan benar untuk menguasai, menerapkan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni sebagai perwujudan kecintaan dan kebanggaan terhadap bahasa Indonesia.


 


 

Kompetensi dasar 

Indikator  

Pengalaman belajar 

Materi Ajar 

Waktu 

Alat/Bahan/Sumber belajar 

Penilaian  

1. Mahasiswa dapat menceritakan secara singkat sejarah perkembangan bahasa Indonesia dan mahasiswa dapat menjelaskan secara singkat pengertian bahasa

1. Mahasiswa mampu menyebutkan periode singkat sejarah perkembangan bahasa Indonesia

2. mahasiswa mampu menulis batasan mengenai bahasa

3. Mahasiswa mampu memberikan penjelasan singkat mengenai bahasa

4. Mahasiswa mampu menyebutkan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. 

Mahasiswa membaca bahan sejarah perkembanagan bahasa Indonesia.

Mahasiswa mendengarkan penjelasan mengenai periode perkembangan bahasa Indonesia.

Mahasiswa mencatat ringkasan.

Mahasiswa mendengarkan penjelasan tentang pengertian bahasa.

mendengarkan tentang penjelasan sejarah bahasa Indonesia

Mahasiswa mendengarkan penjelasan tentang pengertian bahasa 

Sejarah bahasa Indonesia

Batasan bahasa

Hakikat kedudukan bahasa Indonesia (sikap penutur bahasa) 

100' 

Bahan fotokopi sejarah perkembangan bahasa Indonesia dan pengertian bahasa.

Skema sejarah bahasa Indonesia.

Halim dan Yayah (1983).

Marhijanto (t.t.)

Yamilah (1994).

Perilaku harian dan sikap harian

2. Mahasiswa dapat menyebutkan salah satu hakikat bahasa (beserta contoh) dan menyebutkan salah satu fungsi bahasa (beserta contoh) 

1. Mahasiswa dapat menyebutkan hakikat bahasa

2. Mahasiswa dapat menyebutkan fungsi bahasa

3. Mahasiswa dapat memberikan contoh hakikat bahasa

4. mahasiswa dapat membeikan contoh fungsi bahasa. 

Mahasiswa mengumpulkan

dan salah satu membacakan hasil tugas rumah mengenai hakikat bahasa

Mahasiswa mengumpulkan tugas rumah contah penggunaan bahasa (yang sudah diarahkan sesuai fungsi bahasa oleh dosen) dan salah satu membacakan.

Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen mengenai hakikat dan fungsi bahasa.

Mahasiswa mencatat secara ringkas hakikat bahasa dan fungsi bahasa 

Hakikat bahasa

Fungsi bahasa

Identifikasi fungsi bahasa 

100' 

Bahan fotokopi

Tugas yang dikumpulkan mahasiswa

Chaer (1994)

Hidayat (2006) 

Perilaku harian

Wawancara 

3. Mahasiswa dapat mengidentifikasi bahasa Indonesia ragam ilmu 

1. Mahasiswa mampu menyebutkan ragam bahasa

2. Mahasiswa mampu menunjukkan contoh masing-masing ragam bahasa

3. Mahasiswa mampu menjodohkan ragam bahasa dengan kelompok orang yang menggunakan ragam tersebut.

Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen tentang ragam bahasa

Mahasiswa mencatat kelompok manusia yang mempergunakan ragam bahasa.

Batasan ragam bahasa

Ragam bahasa ilmiah

Ragam bahasa bisnis

Ragam bahasa sastra

Ragam Bahasa filosof

Ragam bahasa jurnalistik 

100' 

Utami (2001)

Widhowati, dkk. (1992)

Prayitno, dkk. (2000)

Ramblan, dkk (1992). 

Perilaku harian

wawancara 

4. Mahasiswa dapat mengidentifikasikan bahasa Indonesia yang baik dan benar 

1. Mahasiswa mampu menulis dengan mempergunakan huruf sesuai ejaan.

2. Mahasiswa mampu menulis dengan mempergunakan tanda baca sesuai dengan ejaan.

3. Mahasiswa mampu menulis dengan mempergunakan istilah sesuai dengan ejaan.

Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen.

Mahasiswa menulis karya dengan menerapkan huruf dan tanda baca sesuai ejaan yang sudah dijelaskan.

Mahasiswa menuliskan istilah baku berdasarkan istilah asing yang didektekan oleh dosen

Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah  

100' 

Widhowati, dkk. (1990)

EYD (2008)

Prayitno, dkk. (2000)

Ramlan, dkk. (1992)

Kridalaksana (2006)

Pedoman Transliterasi Arab-Indonesia.

Wawancara

Perilaku Harian 

5. Mahasiswa dapat menulis kalimat efektif 

1. Mahasiswa mampu membuat kalimat berstruktur SPO

2, Mahasiswa mampu mengoreksi kesalahan struktur kalimat yang dibuat/dikutip dari bacaan/wawancara

3. Mahasiswa dapat mengedit kalimat yang telah dibuat oleh teman.

4. Mahasiswa dapat membuat paraphrase hasil wawancara/wacana 

Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen tentang kalimat efektif

Mahasiswa mendengarkan penjelasan tentang struktur kalimat

Mahasiswa membuat kalimat sendiri.

Mahasiswa mengoreksi kalimat yang telah dibuat.

Mahasiswa

Mengoreksi kalimat yang dikutip dari bahan bacaan/wawancara

Mahasiswa mengoreksi kalimat yang dibuat oleh teman

Mahasiswa membuat paraphrase untuk hasil wawancara/wacana

Batasan kalimat

Struktur kalimat

Pengertian kalimat efektif

100' 

Kalimat hasil kutipan mahasiswa

Kalimat hasil tulisan mahasiswa

Badudu

Razak (1994)

Prayitno dkk. (2000)

Keraf (1988)

Natawidjaja (1996) 

Perilaku harian

wawancara 

6. Mahasiswa dapat menulis paragraf dengan pola pikir yang jelas.

1. Mahasiswa mampu membuat paragraf berpola pikir induktif

2. Mahasiswa mampu membuat paragraf berpola pikir deduktif.

3. Mahasiswa mengetahui pola pikir dalam paragraf 

Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen

Mahasiswa membuat paragraf berpola pikir induktif

Mahasiswa membuat paragraf berpola pikir

Mahasiswa membuat paragraf berdasarkan kalimat yang ada. 

Pengertian Paragraf

Pola pikir pagraf

Pengembangan paragraf 

100' 

Parera, (1987).

Badan Penerbit Undip (1994)

Prayitno, dkk. (2000)

Perilaku harian 

7. Mahasiswa dapat menyusun karya ilmiah untuk berbagai kepentingan sesuai dengan ragam ilmu

--PKM, LKTM, proposal, dan laporan penelitian. 

1. Mahasiswa mampu mengindentifikasi format karya ilmiah –PKM, LTKM, proposal, PKMI, artikel publikasi, dan laporan penelitian

2. Mahasiswa mampu menyusun salah satu karya ilmiah

3. Mahasiswa mampu proposal penelitian 

Mahasiswa membaca berbagai pedoman penulisan karya ilmiah bidang ilmu yang ditekuni

Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen.

Mahasiswa mendiskusikan hasil pembacaan pedoman penulisan karya ilmiah

Mahasiswa menuliskan secara ringkas tentang pedoman berbagai penulisan ragam ilmu 

Ragam Bahasa II Pedoman PKM.

Pedoman LKTM

Pedoman PKMI

Pedoman laporan penelitian

Pedoman artikel publikasi

Pedoman proposal penelitian

 

Bahan fotokopi pedoman PKM dari Dikti.

Pedoman skripsi fakultas di UMS

Prayitno, dkk. (2000)

Pedoman LTKM

Pedoman PKMI 

Wawancara

Perilaku harian 

8. Mahasiswa dapat menulis sebuah karya ilmiah (untuk PKMP atau PKMI atau seminar dan diskusi) 

1. Mahasiswa mampu menulis topik artikel ilmiah berdasarkan penelitian yang dimiliki atau laporan tugas praktik di laboratorium.

2. Mahasiswa mampu menulis rumusan masalah dari topic yang sudah ditulis.

3. Mahasiswa mampu menulis bagian pendahuluan karya ilmiah

4. Mahasiswa mampu menulis bagian pembasan atau isi karangan

5. Mahasiswa mampu menulis daftar pustaka

6. Mahasiswa mampu menulis kutipan langsung dan tidak langsung dalam karya ilmiah.

Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen

Mahasiswa melakukan konsultasi

Mahasiswa menulis topic karya ilmiah dan didiskusikan dengan dosen.

Mahasiswa menulis bagian rumusan masalah.

Mahasiswa menulis bagian pendahuluan karya ilmiah

Mahasiswa menulis karya ilmiah bagian pembahasan atau isi karangan

Mahasiswa menulis sebuah daftar pustaka

Mahasiswa menulis kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. 

Penulisan Karya tulis ilmiah

  1. bagian pemilihan topic dan rumusan masalah
  2. bagian pendahuluan karya ilmiah
  3. bagianpembahasan atau isi karangan
  4. bagian akhir karya tulis, penulisan daftar pustaka, dan penulisan kutipan, dan lampiran

4 x 100' 

Sudjana dan Ulung (2001).

Barnum (2000)

Prayitno, dkk. (2000).

Keraf

Badan Penerbit Undip (1994)

Djuroto dan Bambang, (2002)

Indriati, (2001)

Hartono. (2002)

Yamilah dan

Slamet (1994.)

Parera (1987) 

Perilaku harian


Wawancara
 

9. Mahasiswa dapat menyebutkan dan menyajikan jenis ragam lisan ilmiah 

1. Mahasiswa mampu menyebutkan ragam lisan ilmiah

2. Mahasiswa mampu membuat sajian lisan berbentuk power point

3. Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan ketika presentasi

Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen.

Mahasiswa menyajikan secara lisan karya ilmiah

Mahasiswa membuat presentasi dengan power point 

Ragam lisan ilmiah (seminar, workshop, dsb.)

Presentasi hasil karya tulis ilmiah 

100' 

Karya presentasi karya ilmiah program power point.

Karya imliah hasil mahasiswa

Proposal PKM

Artikel PKMI 

Perilaku harian. 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Bahan Bacaan


 

Badan Penerbit Undip. 1994. Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Pelajaran Bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Dasar Umum/Wajib Universitas. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Badudu, J.S. 1984. Inilah Bahasa Indonesia Yang Benar. Jakarta: PT Gramedia.

Barnum, Barbara Steven. 2000. Penulisan dan Penerbitan Buku. Pegangan untuk Perawat.Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2002. Menulis Artikel dan Karya Ilmiah. Bandung: Rosdakarya.

Fondiller, Shirley H. 2002. Buku Pintar Penulisan Pedoman bagi Profesi Kesehatan. Edisi 2. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Halim, Amran dan Yayah B. Lumintang. 19983. Konggres Bahasa Indonesia III. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hartono. 2002. Bagaimana Menulis Tesis? Petunjuk Komprehensif tentang Isi dan Proses. Malang: UMM.

Hidayat, Asep Ahmad. 2006. Filsafat Bahasa Mengungkap Haikat Bahasa, Makna dan Tanda. Bandung: PT Rosdakarya.

Indriati, Etty. 2001. Menulis Karya Ilmiah. Artikel, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: PT Gramedia.

Keraf, Gorys. 1982. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.

Keraf, Gorys.1988. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.

Kridalaksana, Harimurti. 2006. Pembentukan Istilah. Jakarta: Gramedia.

Marhijanto, Bambang. T.t. Pintar Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas 1, 2, dan 3. Surabaya: Gitamedia Press.

Natawidjaja, P. Suparman. 1996, Teras Komposisi. Jakarta: Penerbit PT Intemasa.

Parera, Jos Daniel. 1987. Menulis Tertib dan Sistematik. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Prayitno, Harun Joko. Dkk. 2000. Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: MUP.

Ramlan, M. dkk. 1992. Bahasa Indonesia Yang Salah dan Yang Benar. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Razak, Abdul. 1988. Kalimat Efektif: Struktur, Gaya, dan Variasi. Jakarta: PT Gramedia.

Sudjana, H. Nana dan H. Ulung Laksamana. 2001. Menyusun Karya Tulis Ilmiah untuk Memperoleh Angka Kredit. Bandung:
Sinar Baru Algensindo.

Utami, Sintowati Rini dan Sudiharto. 2001. Bahasa Indonesia untuk Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Wedhawati dkk. 1990. Penting Buat Anda. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Yamilah, M. dan Slamet Samsoerizal. 1994. Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Tenaga Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran ECG