Rabu, 20 April 2011

frenulum

Sebuah frenulum (atau frenum adalah lipatan kecil jaringan yang menahan atau membatasi gerak organ di tubuh.
Frenula pada tubuh manusia termasuk beberapa di dalam mulut, beberapa di saluran pencernaan, dan beberapa terhubung ke alat kelamin eksternal.
Jaringan Oral: Frenula dari mulut termasuk frenulum linguae bawah lidah, yang superioris labii frenulum dalam bibir atas, inferioris labii frenulum dalam bibir bawah, dan frena bukal yang menghubungkan pipi ke gusi. Ini dapat dengan mudah robek oleh pukulan keras ke wajah atau mulut, sehingga suatu frenulum robek kadang-kadang tanda peringatan penganiayaan fisik.
Jaringan Vulvular: Pada wanita, frenula kelamin termasuk clitoridis frenulum dari klitoris dan labiorum pudendi frenulum (alias fourchette) di mana labia minora bertemu di belakang.
Penis jaringan: The frenulum kata sendiri sering digunakan untuk frenulum dari kulit khatan dari penis atau penis frenulum preputii, yang merupakan band elastis dari jaringan di bawah glans penis yang menghubungkan ke kulit khatan atau kulup pada mukosa vernal, dan membantu kontrak kulit khatan atas kelenjar.
Otak: Veli Frenulum
Sebuah frenulum lisan atau alat kelamin terlalu pendek mungkin memerlukan frenulectomy atau frenuloplasty untuk mencapai mobilitas normal.