Rabu, 22 Juni 2011

swiss u-21 vs rep.ceko u-21 - skor akhir liga UEFA semifginal UERO

Admir Mehmedi, pahlawan Swiss (c) Reuters
Admir Mehmedi, pahlawan Swiss (c) Reuters

Swiss berhasil lolos ke babak final Euro U-21 setelah mengalahkan Rep. Ceko dengan skor tipis 1-0, di stadion MCH Arena, Kamis dini hari (23/6).Mengawali babak pertama kedua tim langsung menggebrak, permainan cepat dan penuh tenaga ditampilkan pemain kedua tim.
Peluang pertama diperoleh Swiss melalui aksi pemain yang tengah menjadi incaran klub-klub besar Eropa, Xherdan Shaqiri, pemain berposisi winger tersebut mampu mengobrak-abrik pertahanan Ceko dan melepaskan tendangan terarah, sayang tendangannya masih menyamping di sisi kiri gawang Tomas Vacilik.
Selanjutnya Swiss terus menekan Ceko walau sangat sedikit peluang yang mampu mereka ciptakan.
Rep. Ceko yang terus ditekan juga tak mau ketinggalan, mereka mendapat peluang terbaiknya melalui sundulan keras striker Ceko, Libor Kozak, namun sundulan kepalanya tersebut masih sedikit melebar dari gawang Yann Sommer.
Tempo tinggi yang ditampilkan kedua tim hanya mampu berlangsung di 25 menit babak pertama selanjutnya, para pemain kedua tim hanya mampu bermain-main di daerahnya sendiri.
Baik Swiss maupun Rep. Ceko seperti menemui jalan buntu untuk dapat mencuri kesempatan mencetak gol.
Hingga babak pertama berakhir kedua tim masih belum mampu mencetak gol, pertandingan berakhir dengan skor 0-0.
Di menit-menit babak kedua, kontrol permainan dipegang oleh Swiss, perpaduan Xherdan Shaqiri dan Admir Mehmedi menjadi momok menakutkan pertahanan Ceko, meski tak banyak peluang yang tercipta dari keduanya.
Namun peluang pertama Swiss diperoleh melalui sundulan kepala Innocent Emeghara, namun sundulannya masih belum menemui sasaran.
Selanjutnya pergerakan Shaqiri kembali mampu mengacak-acak ketatnya pertahanan Ceko, dan selanjutnya memberikan umpan ke dalam kotak penalti Ceko, namun banyaknya pemain Ceko yang turut membantu pertahanan membuat umpan tersebut harus terbuang percuma.
Kendali permainan terus dipegang oleh Swiss, Xherdan Shaqiri menjadi pemain yang terus menguasai lini tengah, determinasinya membuat Rep. Ceko terus bertahan hingga babak kedua usai.
Pertandingan yang berakhir dengan skor 0-0 ini harus dilanjutkan melalui babak extra time untuk menentukan siapa yang berhak menjadi lawan Spanyol di final.
Di extra time babak pertama kedua tim mulai saling serang, namun buruknya penyelesaian akhir dan gemilangnya kiper kedua tim membuat pertandingan harus kembali berakhir dengan skor 0-0
Memasuki extra time babak kedua lagi-lagi penyelesaian akhir yang buruk dan terlalu lama memegang bola menjadi kendala kedua tim untuk mencetak gol.
Selain itu faktor kelelahan juga mempengaruhi permainan kedua tim, pergantian pemain pun juga tak banyak membantu.
Akhirnya di menit ke-113, Swiss berhasil memecah kebuntuan melalui tendangan keras kaki kanan, Admir Mehmedi yang menyusur di pojok kanan gawang Ceko, 1-0 untuk Swiss.
Hingga berakhirnya babak extra time tak ada lagi gol yang tercipta, Swiss berhasil mengunci satu tempat di final Euro U-21 menghadapi Spanyol.