Selasa, 21 Februari 2012

Rembang

Rembang Kota Rembang


Menurut cerita sejarah sih rembang itu terdiri dari dua kata yaitu kerem dan kemambang, berarti rembang itu identik dengan Laut, rembang maritim, angkatan laut, masakan laut rembang, hiburan laut rembang, lautan rembang, pantai pantai rembang, pemuda rembang, gerakan pramuka rembang dan masih banyak lagi semua berkaitan dengan rembang, 

Mungkin anda yang ingin mengetahui berita uptodate tentang rembang bisa melihan disitus aliansi journalis rembang atau ajour yang di kemudikan oleh aliansi journalis rembang termasuk kangtoebz.com hehehe 
kota rembang itu memiliki 14 kecamatan antara lain kecamatan-kecamatan di kota rembang antara lain Kecamatan Sarang,kecamatan Bulu,Kecamatan Gunem,Kecamatan Kaliori,Kecamatan Kragan,Kecamatan Lasem,Kecamatan Pamotan,Kecamatan Pancur,Kecamatan Rembang,Kecamatan Sale,Kecamatan Sarang,Kecamatan Sedan,Kecamatan Sluke,Kecamatan Sulang,Kecamatan Sumber,

Masakan atau makanan khas rembang banyak sekali dan nikmat-nimat seperti lontong tuyuhan, lontong atau biasa di sebut dudo santen atau Opor ini bisa anda dapatka di warung warung seluruh kota rembang dan pusat lontong tuyuhan rembang ini adalah di kampung tuyuhan,

Sate Sarepeh Yang belum nyoba silhakan call admin hehehe
Berupa sate ayam kampung yang bumbunya terdiri dari cabe merah, gula merah, santan dan garam. Adalah sebagai lauk pauk dan biasanya dirangkai dengan lontong.
Mangut yang terkenal dari rembang
Ikan laut segar yang dipanggang dengan bumbu-bumbu cabe hijau, bawang merah, bawang putih, garam dan santan kental. Sebagai sayur untuk makan siang/malam dalam menu sehari-hari.

Pindang Tempe menu lauk atau masakan pindang dari rembang
Tempe dengan bumbu-bumbu cabe, bawang merah, bawang putih, asam (tomat) garam dan air. Biasanya ditambahkan juga ikan pindang. Sebagai sayur untuk makan siang (menu sehari-hari).

Sayur Merica khas asal rembang
Dari ikan laut segar dengan bumbu cabe, merica, bawang merah, bawang putih, kunyit, garam dan air.

Petis Bumbon lauk khas rembang
{br}Sayur untuk makan siang/malam yang terbuat dari bahan-bahan petis ikan/udang, telur rebus/ceplok langsung dengan bumbu cabe, bawang putih, bawang merah, kunci, lengkuas, daun jeruk purut, garam dan ditambah santan kental.

Lontong Tuyuhan
Lontong dengan opor ayam kampung pedas khas desa Tuyuhan (Kecamatan Pancur). Makanan ini tidak pernah atau jarang dibuat ibu rumah tangga. Sebagai makanan sore hari/malam hari, biasanya sekitar jam 15.00 WIB sudah dijual di lokasi desa Tuyuhan di sepanjang pinggir jalan dengan pemandangan sawah-sawah yang menghijau. Dan minumannya air putih yang ditempatkan di kenda (tanpa gelas).

Dumbeg masakan nik dari khas rembang
Dibuat dari tepung beras, gula pasir/gula aren dan ditambahkan garam, air pohon nira (legen); dan kalau suka ditaburi buah nangka/kelapa muda yang dipotong sebesar dadu. Kemudian tempatnya dari daun lontar (pohon nira) berbentuk kerucut dengan bau yang khas. Yang terkenal dari desa Pohlandak (Kecamatan Pancur) dan desa Mondoteko (Kecamatan Rembang)
.
Jenang Waluh bukan Jenang kudus
Dibuat dari buah waluh, gula aren, air nira dan garam, yang rasanya sangat manis. Dan biasanya dimakan dengan Jadah. Jadah yang terkenal adalah dari desa Pohlandak (Kecamatan Pancur).

Masakan Jadah
Terbuat dari beras ketan putih, kelapa muda, garam yang ditumbuk halus (sewaktu masih panas) di atas keranjang yang Terbuat dari daun lontar/daun kelapa muda dan alat tumbuknya juga dilapis dengan daun lontar dan kelapa muda. Rasanya sangat gurih, kemudian dicetak persegi dan dibungkus dengan daun pisang (seperti lemper). Biasanya dimakan bersama dengan Jenang waluh, yang terkenal dari desa Pohlandak (Kecamatan Pancur)
.
Kaoya Dudul
Terbuat dari beras ketan, kacang hijau, gula aren/gula pasir dan garam. Tempatnya dari daun lontar berlubang bulat kecil sebanyak 5 buah, kalau makan tinggal didudul (ditekan) saja, rasanya sangat manis dan gurih. Berasal dari desa Gunem Kecamatan Gunem.

Kerupuk Bakar
Kerupuk udang dan tengiri dari kota rembang yang dioven/dibakar.

Kacang Atom lain dari dua kelinci loh
Terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka, kacang tanah, garam, bawang putih dan air yang dicetak bulat-bulat kecil dan digoreng. Rasanya sangat gurih dan banyak disukai masyarakat.

Kacang Pres Non Kolesterol alah rakyat rembang
Terbuat dari kacang tanah yang dipres (diambil minyaknya). Kemudian dibumbui bawang putih dan garam dan dioven.

Gula Semut atau biasa disebut gula aren
Terbuat dari pohon nira (legen) dengan proses pemanasan, sehingga hasilnya seperti gula pasir/gula halus yang berwarna coklat.

Terasi Petis Bonang
Terbuat dari udang/ikan segar dengan proses pemanasan. Bau dan rasanya enak. Yang terkenal dari desa Bonang Kecamatan Lasem.
Buper Karangsaripark 
nah buper ini adalah kebanggan kota rembang yang sering dibuat berkemah anak-anak pramuka pernah juga di adakan jamda tahun 2007 di karangsari park, lokasi atau rute ke karangsari park adalah Bumi perkemahan taman karangsari merupakan salah satu Bumi perkemahan yang terdapat di Kabupaten Rembang. Bumi perkemahan yang terletak di desa Karangsari kecamatan Sulang ini merupakan Bumi perkemahan terbesar dan terlengkap di kabupaten Rembang.Bumi Perkemahan yang mempunyai luas sekitar 20 ha ini dibuka pertama kali sejak tahun 2003. Hingga saat ini Bumi perkemahan Karangsari Park dikelola oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka kabupaten Rembang.