Jumat, 06 Januari 2012

Interest Rate Statement Berita Fundamental

InterestRate Statement indicator pasar 
keterangan tentang berita Interest Rate Statement yang dimuat pada FOREXFACTORY kira-kira keterangannya sebagai berikut Interest Rate Statement InterestRate Statement: Setiap bulannya Bank Sentral tiap-tiapnegara selalu mengumumkan kebijakan suku bunga bank sentral sebagai patokanbagi bank-bank lainnya di negara tersebut. Keputusannya apakah naik, turun atautetap. Suku bunga tersebut pada akhirnya akan menentukan besarnya suku bungadeposito, kredit, tabungan dan berbagai kebijakan pinjam-meminjam lainnya padadunia perbankan di negara itu. Dapat dikatakan kebijakan suku bunga merupakansalah satu aksi final Bank Sentral terhadap berbagai kondisi ekonomi yangterjadi di negaranya.
Pasar uang termasuk jenis investasi yangsensitif terhadap perubahan suku bunga. Terutama apabila terjadi perubahan sukubunga yang tidak diprediksi sebelumnya oleh pasar. Sederhananya apabilaterjadi kenaikan suku bunga maka dapat dikatakan bahwa mata uang akan meningkatdengan drastis dan sebaliknya apabila terjadi penurunan suku bunga maka matauang akan mengalami pelemahan dengan drastis pula. Kebanyakan negara majumenahan laju suku bunganya untuk menghambat terparkirnya dana di Bank dan tidakdiolah menjadi investasi di dunia riil. Sebaliknya pada negara berkembangbiasanya pemerintah mencetak terlalu banyak uang untuk membiayai kegiatanpembangunan. Untuk itu diperlukan kebijakan suku bunga yang lebih kompetitifguna menarik uang yang terlalu banyak beredar dipasar dengan cara membuat bungatabungan dan deposito terlihat menarik. Pada saat tulisan ini dibuat, sukubunga Jepang ada pada rate 0.5% sedangkan US dan Inggris berturut-turut dilevel 5.25% dan 5.50%. Indonesia? Kondisi makro ekonomi Indonesia sedikitmembaik sejak awal 2007 sehingga suku bunganya turun dari 9.5% menjadi 8.25%.
Ingatbahwa Anda dapat kapan saja membaca resume lengkap mengenai berita fundamentaldiatas pada bagian lain di website ini yang membahas khusus mengenai artikelfundamental. Semakin banyak detail yang Anda tahu akan semakin membantu Andadalam bertrading.