Senin, 23 Mei 2011

rpp bahasa jawa kelas 1 sd terbaru

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
KELAS /SEMESTER      : 1 / I
WAKTU                           : 2 JP, (22 Juli 2009)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
Memahami bunyi bahasa, perintah, dan deskripsi benda-benda di sekitar

II. KOMPETENSI DASAR
Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
III.   INDIKATOR
Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah guru, missal : duduk, berdiri, membuka buku, mendengarkan baik-baik, dan lain-lain

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai dengan perintah

V. MATERI
Melakukan sesuatu sesuai perintah
VI. METODE
  • Demonstrasi
  • Penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama
b. Kegiatan Inti
  1. Siswa mendengarkan teks yang dibacakan guru (elaborasi)
  2. Siswa melakukan sesuatu sesuai dengan perintah buku (bukaen bukumu, ngadega, lunggaha, rungokno, selehna tasmu, tutupen bukumu, acungna tanganmu, nggonen sepatumu)
  3. Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 3)
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  2. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  3. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Lingkungan sekitar
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)
IX. PENILAIAN
  • Penilaian Tertulis Obyektif
  • Penilaian Tertulis Subyektif
  • Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
KELAS /SEMESTER      : 1 / I
WAKTU                           : 2 JP, (29 Juli 2009)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan  informasi secara lisan dengan perkenalan,  tegur sapa,  dan menjelaskan silsilah keluarga/nama-nama hubungan kekerabatan
II. KOMPETENSI DASAR
Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
III.   INDIKATOR
  • Menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah, dan tempat tinggal) de-ngan kalimat sederhana
  • Menyebutkan nama  orang tua dan saudara kandung
  • Menanyakan data diri dan nama  orang tua serta saudara kandung teman sekelas
  • Melakukan percakapan/ dialog sederhana secara berpasangan dengan bimbingan guru
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah, dan tempat tinggal) de-ngan kalimat sederhana
  • Siswa dapat menyebutkan nama  orang tua dan saudara kandung
  • Siswa dapat menanyakan data diri dan nama  orang tua serta saudara kandung teman sekelas
  • Siswa dapat melakukan percakapan/ dialog sederhana secara berpasangan dengan bimbingan guru
V. MATERI
  • Memperkenalkan diri
VI. METODE
  • Demonstrasi
  • Penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama
b. Kegiatan Inti
  1. guru membaca teks pendek, siswa menirukan (elaborasi)
  2. guru menjelaskan cara mengenalkan diri
  3. Siswa membaca teks pendek mengenai perkenalan
  4. siswa mengenalkan diri di depan kelas satu persatu
  5. siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 8)
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  4. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Lingkungan sekitar
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)
IX. PENILAIAN
  • Penilaian lisan
  • Penilaian Tertulis Obyektif
  • Penilaian Tertulis Subyektif
  • Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
KELAS /SEMESTER      : 1 / I
WAKTU                           : 2 JP, (12 Agustus 2009)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks pendek dengan membaca nyaring  dan menyanyikan lagu dolanan

II. KOMPETENSI DASAR
Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
III.   INDIKATOR
Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
V. MATERI
Membaca nyaring
VI. METODE
  • Demonstrasi
  • Penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama
b. Kegiatan Inti
  1. guru menjelaskan tentang membaca nyaring
  2. guru memberi contoh cara membaca dengan lafal dan intonasi yang benar
  3. siswa membaca nyaring suku kata dan kata yang ada dalam buku
  4. siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 11)
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  4. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)
IX. PENILAIAN
  • Penilaian lisan
  • Penilaian Tertulis Obyektif
  • Penilaian Tertulis Subyektif


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
KELAS /SEMESTER      : 1 / I
WAKTU                           : 2 JP, (19 Agustus 2009)


II. STANDAR KOMPETENSI
Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin

II. KOMPETENSI DASAR
Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana  dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung
III.   INDIKATOR
  • Menebalkan gambar dan huruf dengan cara yang benar
  • Menuliskan huruf, kata dan kalimat  dengan benar dan dapat dibaca orang lain
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat Menebalkan  dan huruf dengan cara yang benar
  • Siswa dapat menuliskan huruf, kata dan kalimat  dengan benar dan dapat dibaca orang lain
V. MATERI
Me nuliskan huruf, kata dan kalimat  dengan benar
VI. METODE
Penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama
  3. 3. Mengajak siswa menyanyikan lagu Tinggi Huruf

b. Kegiatan Inti
  1. Guru menjelaskan tentang cara menulis kata dan kalimat sederhana di buku halus
  2. Siswa menebalkan kata dan kalimat sederhana (yudhistira halaman 12)
  3. siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 13)
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)
IX. PENILAIAN
  • Penilaian Tertulis


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
KELAS /SEMESTER      : 1 / I
WAKTU                           : 2 JP, (26 Agustus 2009)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
Memahami bunyi bahasa, perintah, dan deskripsi benda-benda di sekitar
II. KOMPETENSI DASAR
Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
III.   INDIKATOR
Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah guru, misal : duduk, berdiri, membuka buku, mendengarkan baik-baik, dan lain-lain.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah guru, misal : duduk, berdiri, membuka buku, mendengarkan baik-baik, dan lain-lain.
V. MATERI
Melakukan sesuatu sesuai perintah
VI. METODE
  • Demonstrasi
  • Penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti
  1. Guru membacakan pesan
  2. Siswa mendengarkan pesan yang dibacakan guru
  3. Siswa mencatat pesan yang didengar
  4. Guru dan siswa bertanya jawab mengenai pesan yang didengar
  5. Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 21)
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)
IX. PENILAIAN
  • Penilaian Tertulis
  • Penilaian lisan


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
KELAS /SEMESTER      : 1 / I
WAKTU                           : 2 JP, (2 September 2009)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
Menjelaskan silsilah keluarga/nama-nama hubungan kekerabatan
II. KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan silsilah keluarga/nama-nama hubungan kekerabatan
III.   INDIKATOR
Menjelaskan silsilah keluarga/nama-nama hubungan kekerabatan
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan silsilah keluarga/nama-nama hubungan kekerabatan
V. MATERI
Silsilah keluarga
VI. METODE
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti
  1. Guru menjelaskan mengenai silsilah
  2. Siswa maju ke depan mengenalkan keluarganya
  3. Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 24)
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  4. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Silsilah keluarga
  • Foto keluarga
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)
IX. PENILAIAN
  • Penilaian Tertulis
  • Penilaian lisan


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I



Drs. Ahmad Burhani



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
KELAS /SEMESTER      : 1 / I
WAKTU                           : 2 JP, (14 Oktober 2009)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks pendek dengan membaca nyaring  dan menyanyikan lagu dolanan

II. KOMPETENSI DASAR
Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
III.   INDIKATOR
Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
V. MATERI
Membaca nyaring
VI. METODE
  • Demonstrasi
  • Penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama
b. Kegiatan Inti
  1. Guru menjelaskan tentang membaca nyaring
  2. Guru memberi contoh cara membaca dengan lafal dan intonasi yang benar
  3. Siswa membaca nyaring suku kata dan kata yang ada dalam buku
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  2. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  3. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)
IX. PENILAIAN
  • Penilaian lisan


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
KELAS /SEMESTER      : 1 / I
WAKTU                           : 2 JP, (21 Oktober 2009)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin

II. KOMPETENSI DASAR
Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana  dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung
III.   INDIKATOR
  • Menebalkan gambar dan huruf dengan cara yang benar
  • Menuliskan huruf, kata dan kalimat  dengan benar dan dapat dibaca orang lain
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat Menebalkan  dan huruf dengan cara yang benar
  • Siswa dapat menuliskan huruf, kata dan kalimat  dengan benar dan dapat dibaca orang lain
V. MATERI
Menuliskan huruf, kata dan kalimat  dengan benar
VI. METODE
Penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama
  3. 3. Mengajak siswa menyanyikan lagu Tinggi Huruf

b. Kegiatan Inti
  1. Guru menjelaskan tentang cara menulis kata dan kalimat sederhana di buku halus
  2. Siswa menebalkan kata dan kalimat sederhana (yudhistira halaman 27)
  3. siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 28)
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)
IX. PENILAIAN
  • Penilaian Tertulis


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
KELAS /SEMESTER      : 1 / I
WAKTU                           : 2 JP, (28 Oktober 2009)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
Memahami bunyi bahasa, perintah, dan deskripsi benda-benda di sekitar
II. KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan benda-benda di sekitar
III.   INDIKATOR
  • Menceritakan ciri-ciri fisik benda-benda di sekitar
  • Membuat kalimat berdasar cirri fisik benda yang ditunjukkan guru
  • Mengidentifikasi cirri-ciri fisik suatu benda
  • Menuliskan beberapa kalimat sederhana sesuai ciri fisik benda
  • Mendeskripsikan benda di sekitar dengan kalimat sederhana sesuai ciri –ciri fisiknya
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat menceritakan ciri-ciri fisik benda-benda di sekitar
  • Siswa dapat membuat kalimat berdasar cirri fisik benda yang ditunjukkan guru
  • Siswa dapat mengidentifikasi cirri-ciri fisik suatu benda
  • Siswa dapat menuliskan beberapa kalimat sederhana sesuai ciri fisik benda
  • Siswa dapat mendeskripsikan benda di sekitar dengan kalimat sederhana sesuai ciri –ciri fisiknya
V. MATERI
Deskripsi benda
VI. METODE
  • Ceramah
  • Penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti
  1. Guru menjelaskan cara mendeskripsikan suatu benda
  2. Siswa melihat gambar yang tertera dalam buku
  3. Sisiwa mendengarkan deskripsi benda yang dibacakan guru kemudian menirukan
  4. Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 36)
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  4. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Gambar benda-benda
  • Benda-benda di sekitar
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)
IX. PENILAIAN
  • Penilaian Tertulis
  • Penilaian lisan


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
KELAS /SEMESTER      : 1 /I
WAKTU                           : 2 JP, (11 Nopember 2009)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan  informasi secara lisan dengan perkenalan,  tegur sapa,  dan Menjelaskan silsilah keluarga/nama-nama hubungan kekerabatan
II. KOMPETENSI DASAR
Menyapa orang lain  dengan menggunakan kalimat  sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
III.   INDIKATOR
  • Menyapa teman sebaya, guru dan orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara yang sesuai
  • Menyampaikan permohonan maaf, izin, terima kasih dan selamat secara berbeda kepada teman sebaya dan kepada teman yang lebih tua
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat menyapa teman sebaya, guru dan orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara yang sesuai
  • Siswa dapat menyampaikan permohonan maaf, izin, terima kasih dan selamat secara berbeda kepada teman sebaya dan kepada teman yang lebih tua
V. MATERI
  • Kalimat sapaan
  • Permohonan izin
  • Terima kasih
VI. METODE
  • Ceramah
  • Penugasan
  • Demonstrasi
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti
  1. Guru menjelaskan cara menyampaikan permohonan maaf, izin, dan terima kasih
  2. Siswa menirukan kalimat permohonan maaf, izin, dan terima kasih
  3. Siswa maju ke depan mencoba menggunakan kalimat permohonan maaf, izin, dan terima kasih
  4. Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 40)
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  4. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)
IX. PENILAIAN
  • Penilaian Tertulis
  • Penilaian lisan


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
KELAS /SEMESTER      : 1 / I
WAKTU                           : 2 JP, (18 Nopember 2009)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks pendek dengan membaca nyaring  dan menyanyikan lagu dolanan
II. KOMPETENSI DASAR
Melagukan lagu dolanan
III.   INDIKATOR
Melagukan lagu dolanan anak
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melagukan lagu dolanan anak
V. MATERI
Lagu dolanan anak
VI. METODE
  • ceramah
  • Penugasan
  • Demonstrasi
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti
  1. siswa membaca lagu dolanan anak
  2. Guru memberikan contoh melagukan lagu dolanan anak
  3. Guru menjelaskan pesan yang terkandung dalam lagu dolanan anak
  4. Siswa menyanyikan lagu dolanan anak
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  2. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  3. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Lagu dolanan anak
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)
IX. PENILAIAN
  • Penilaian lisan


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
KELAS /SEMESTER      : 1 / I
WAKTU                           : 2 JP, (25 Nopember 2009)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin
II. KOMPETENSI DASAR
Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana  dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung
III.   INDIKATOR
Menulis kata dan kalimat dengan huruf tegak bersambung
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menulis kata dan kalimat dengan huruf tegak bersambung
V. MATERI
Menulis tegak bersambung
VI. METODE
Penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama
  3. 3. Siswa menyanyikan lagu Tingginya Huruf

b. Kegiatan Inti
  1. Guru memberi contoh menulis tegak bersambung
  2. Siswa menyalin kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)
IX. PENILAIAN
  • Penilaian tertulis


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I







Semester Dua
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 2 JP, (13 Januari 2010)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
Memahami pesan   pendek dan dongeng yang dilisankan
II. KOMPETENSI DASAR
Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya kepada orang lain
III.   INDIKATOR
  • Mencatat isi pesan
  • Menuliskan pesan ke dalam beberapa kalimat
  • Menyampaikan pesan  secara lisan kepada orang lain
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat mencatat isi pesan
  • Siswa dapat menuliskan pesan ke dalam beberapa kalimat
  • Siswa dapat menyampaikan pesan  secara lisan kepada orang lain
V. MATERI
Pesan
VI. METODE
  • Tanya jawab
  • Penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti
  1. Siswa mendengarkan cerita yang dibacakan guru
  2. Guru dan siswa melakukan tanya jawab mengenai pesan dalam cerita
  3. Siswa mencatat pesan yang didengar
  4. Siswa mengerjakan latihan (yudhistira halaman 50)
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  4. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)
IX. PENILAIAN
  • Penilaian tertulis


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 2 JP, (20 Januari 2010)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan pikiran, perasaan,  dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, menjelaskan permainan tradisional, dan menceritakan wayang
II. KOMPETENSI DASAR
Menyapa orang lain  dengan menggunakan kalimat  sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
III.   INDIKATOR
  • Menyapa teman sebaya, guru dan orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara yang sesuai
  • Menyampaikan permohonan maaf, izin, terima kasih dan selamat secara berbeda kepada teman sebaya dan kepada teman yang lebih tua
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat menyapa teman sebaya, guru dan orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara yang sesuai
  • Siswa dapat menyampaikan permohonan maaf, izin, terima kasih dan selamat secara berbeda kepada teman sebaya dan kepada teman yang lebih tua
V. MATERI
Kalimat sapaan
VI. METODE
Penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti
  1. Guru menjelaskan cara menyapa orang yang lebih tua
  2. Siswa menirukan yang dibaca guru
  3. Siswa mengerjakan latihan (yudhistira halaman 52)
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  4. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)
IX. PENILAIAN
  • Penilaian tertulis
  • Penilaian lisan


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 2 JP, (27 Januari 2010)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
Memahami ragam wacana tulis (lagu dolanan anak, penggalan dongeng/cerita wayang)
II. KOMPETENSI DASAR
Melagukan dan memahami isi lagu dolanan anak
III.   INDIKATOR
Membaca dan melagukan lagu dolanan anak
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat membaca dan melagukan lagu dolanan anak
V. MATERI
Lagu dolanan anak
VI. METODE
Penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama


b. Kegiatan Inti
  1. Guru memberi contoh menyanyikan lagu dolanan anak
  2. Guru dan siswa bertanya jawab mengenai pesan yang terkandung dalam lagu dolanan anak
  3. Siswa menyanyikan lagu dolanan anak
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  2. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  3. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)
IX. PENILAIAN
  • Penilaian lisan


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 2 JP, (10 Februari 2010)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
Menulis permulaan dengan huruf  tegak bersambung melalui kegiatan dikte  dan  menyalin
II. KOMPETENSI DASAR
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf  tegak bersambung
III.   INDIKATOR
Menulis kata kalimat sederhana yang terdiri 4 atau 5 kata dengan huruf tegak bersambung
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menulis kata kalimat sederhana yang terdiri 4 atau 5 kata dengan huruf tegak bersambung
V. MATERI
Menulis tegak bersambung
VI. METODE
Penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama
  3. 3. mengajak siswa menyanyikan lagu Tingginya Huruf

b. Kegiatan Inti
  1. Guru memberi contoh menulis huruf tegak bersambung
  2. Siswa menyalin kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung
  3. Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 56)
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  4. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)
IX. PENILAIAN
  • Penilaian tertulis


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 2 JP, (17 Februari 2010)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
Memahami pesan   pendek dan dongeng yang dilisankan
II. KOMPETENSI DASAR
Menyebutkan  isi dongeng
III.   INDIKATOR
  • Mendengarkan dongeng dari guru atau teman
  • Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
  • Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
  • Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat mendengarkan dongeng dari guru atau teman
  • Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
  • Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
  • Siswa dapat menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng
V. MATERI
  • Dongeng
VI. METODE
  • Tanya jawab
  • Penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti
  1. Siswa mendengarkan dongeng yang dibacakan guru
  2. Guru dan siswa bertanya jawab mengenai isi dongeng
  3. Siswa menceritakan kembali dongeng yang didengar
  4. Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 65)
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  4. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)
IX. PENILAIAN
  • Penilaian tertulis
  • Penilaian lisan

Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 2 JP, (24 Februari 2010)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan pikiran, perasaan,  dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, menjelaskan permainan tradisional, dan menceritakan wayang
II. KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan permainan tradisional
III.   INDIKATOR
Menjelaskan  permainan tradisional
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan  permainan tradisional
V. MATERI
Permainan tradisional
VI. METODE
  • Tanya jawab
  • Penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti
  1. Guru dan siswa bertanya jawab mengenai jenis-jenis permainan tradisional
  2. Siswa menjelaskan permainan tradisional yang diketahui
  3. Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 67)
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  4. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)
IX. PENILAIAN
  • Penilaian tertulis
  • Penilaian lisan


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 2 JP, (17 Maret 2010)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
Memahami ragam wacana tulis (lagu dolanan anak, penggalan dongeng/cerita wayang)
II. KOMPETENSI DASAR
  • Membaca  penggalan dongeng/cerita wayang dengan lafal dan intonasi yang tepat
  • Menyebutkan  tokoh-tokoh dalam cerita
III.   INDIKATOR
  • Membaca penggalan dongeng/cerita wayang dengan benar (lafal dan intonasi yang tepat)
  • Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng
  • Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
  • Menyebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam dongeng
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapatmMembaca penggalan dongeng/cerita wayang dengan benar (lafal dan intonasi yang tepat)
  • Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng
  • Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
  • Menyebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam dongeng
V. MATERI
Dongeng
VI. METODE
  • Tanya jawab
  • Penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama

b. Kegiatan Inti
  1. Siswa membaca penggalan dongeng
  2. Guru dan siswa bertanya jawab mengenai isi dongeng
  3. Siswa menjawab pertanyaan sesuai dongeng yang dibaca
  4. Siswa menceritakan kembali isi dongeng
  5. Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 68)
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  4. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • dongeng
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)
IX. PENILAIAN
  • Penilaian tertulis
  • Penilaian lisan


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 2 JP, (24  Maret 2010)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
Menulis permulaan dengan huruf  tegak bersambung melalui kegiatan dikte  dan  menyalin
II. KOMPETENSI DASAR
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf  tegak bersambung
III.   INDIKATOR
  • Menulis kata kalimat sederhana yang terdiri 4 atau 5 kata dengan huruf tegak bersambung
  • Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung
  • Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat dibaca orang lain
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat menulis kata kalimat sederhana yang terdiri 4 atau 5 kata dengan huruf tegak bersambung
  • Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung
  • Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat dibaca orang lain
V. MATERI
Menulis huruf tegak bersambung
VI. METODE
Penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama
  3. 3. Mengajak siswa menyanyikan lagu Tinggi Huruf

b. Kegiatan Inti
  1. Guru mendiktekan kalimat sederhana
  2. Siswa menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)
IX. PENILAIAN
  • Penilaian tertulis


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 2 JP, (31  Maret 2010)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
Memahami pesan   pendek dan dongeng yang dilisankan
II. KOMPETENSI DASAR
Menyebutkan  isi dongeng
III.   INDIKATOR
  • Mendengarkan dongeng dari guru atau teman
  • Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
  • Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
  • Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat mendengarkan dongeng dari guru atau teman
  • Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
  • Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
  • Siswa dapat menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng
V. MATERI
Dongeng
VI. METODE
Penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama
b. Kegiatan Inti
  1. Siswa  mendengarkan dongeng dari guru
  2. Siswa  menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
  3. Siswa  menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
  4. Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 76)
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
    1. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)
IX. PENILAIAN
  • Penilaian tertulis


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 2 JP, (14 April 2010)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan pikiran, perasaan,  dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, menjelaskan permainan tradisional, dan menceritakan wayang
II. KOMPETENSI DASAR
Menceritakan wayang
III.   INDIKATOR
Menceritakan wayang
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menceritakan wayang
V. MATERI
Cerita wayang
VI. METODE
Penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama
b. Kegiatan Inti
  1. Siswa  mendengarkan cerita wayang dari guru
  2. Siswa  menjawab pertanyaan tentang isi cerita wayang
  3. Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 77)
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
    1. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)
IX. PENILAIAN
  • Penilaian tertulis
  • Penilaian lisan


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 2 JP, (21 April 2010)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
Memahami ragam wacana tulis (lagu dolanan anak, penggalan dongeng/cerita wayang)
II. KOMPETENSI DASAR
Membaca  penggalan dongeng/cerita wayang dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menyebutkan  tokoh-tokoh dalam cerita
III.   INDIKATOR
  • Membaca penggalan dongeng/cerita wayang dengan benar (lafal dan intonasi yang tepat)
  • Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng/cerita wayang
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat membaca penggalan dongeng/cerita wayang dengan benar (lafal dan intonasi yang tepat)
  • Siswa dapat menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng/cerita wayang
V. MATERI
Cerita wayang
VI. METODE
Penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama
b. Kegiatan Inti
  1. Siswa  membaca cerita wayang dari buku
  2. Siswa  menjawab pertanyaan tentang isi cerita wayang
  3. Siswa mengerjakan latihan (Yudhistira halaman 80)
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  3. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
    1. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)
IX. PENILAIAN
  • Penilaian tertulis


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 2 JP, (28 April 2010)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
Menulis permulaan dengan huruf  tegak bersambung melalui kegiatan dikte  dan  menyalin
II. KOMPETENSI DASAR
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf  tegak bersambung
III.   INDIKATOR
  1. Menulis kata kalimat sederhana yang terdiri 4 atau 5 kata dengan huruf tegak bersambung
  2. Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung
  3. Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat dibaca orang lain
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat menulis kata kalimat sederhana yang terdiri 4 atau 5 kata dengan huruf tegak bersambung
  2. Siswa dapat menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung
  3. Siswa dapat menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat dibaca orang lain
V. MATERI
Menulis huruf tegak bersambung
VI. METODE
Penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan pokok bahasan yang  akan dipelajari bersama
  3. 3. Mengajak siswa menyanyikan lagu Tinggi Huruf
b. Kegiatan Inti
  1. Siswa  melihat gambar
  2. Guru mendiktekan kalimat sederhana
  3. Siswa menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Guru memeriksa hasil latihan siswa
  2. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Buku Sinau Basa Jawa (yudhistira)
IX. PENILAIAN
  • Penilaian tertulis


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I