Senin, 23 Mei 2011

Contoh RPP Tematik Kelas 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA                              : Lingkungan
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 4 JP, (15 Maret 2010)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
  • Menggunakan pengukuran berat MATEMATIKA
  • Mendeskripsikan lingkungan rumah IPS

II. KOMPETENSI DASAR
  • Membandingkan berat benda (ringan, berat) MATEMATIKA
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
  • Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah IPS
III.   INDIKATOR
  • Memberi contoh benda yang ringan dan berat MATEMATIKA
  • Menggunakan neraca untuk mengukur berat benda.
  • Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat IPS
  • Menyebutkan ciri-ciri rumah tidak sehat

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat memberi contoh benda yang ringan dan berat MATEMATIKA
  • Siswa dapat menggunakan neraca untuk mengukur berat benda.
  • Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri rumah sehat IPS
  • Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri rumah tidak sehat

V. MATERI
  • Berat benda MATEMATIKA
  • Ciri-ciri rumah sehat IPS


VI. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Bertanya jawab tentang benda-benda yang ada di sekitar lingkungan rumah
  3. Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama
b. Kegiatan Inti
  1. Meminta semua siswa mengamati benda –benda yang dibawa guru.
  2. Guru memperlihatkan neraca dan menjelaskan cara menggunakannya.
  3. Siswa dibagi beberapa kelompok untuk mempraktikkan mengukur berat benda dengan neraca.
  4. Siswa secara berkelompok mendiskusikan benda apa yang ada di lingkungan rumah yang dapat diukur dengan neraca
  5. Hasil diskusi dilaporkan kepada guru dan guru memberikan klarifikasi terhadap hasil diskusi siswa.
  6. Guru menjelaskan ciri-ciri rumah sehat.
  7. Siswa mendiskusikan ciri-ciri rumah tidak sehat
  8. Hasil diskusi dilaporkan kepada guru dan guru memberikan klarifikasi terhadap hasil diskusi siswa.
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  2. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  3. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Gambar rumah
  • Lingkungan sekitar
  • Buku Teks siswa (matematika, IPS)
  • Kurikulum  mata (matematika, IPS)
VIII. PENILAIAN
  • Penilaian Lisan (dalam proses)
  • Penilaian Tertulis Obyektif
  • Penilaian Tertulis Subyektif
  • Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA                              : LINGKUNGAN
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 4 JP (16 Maret 2010)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
  • Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng  BAHASA INDONESIA
  • Mengenal berbagai benda langit  dan peristiwa alam  (cuaca dan musim)  serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia IPA

II. KOMPETENSI DASAR
  • Menyebutkan  isi dongeng BAHASA INDONESIA
  • Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita IPA
III.   INDIKATOR
  • Mendengarkan dongeng dari guru atau teman BAHASA INDONESIA
  • Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
  • menceritakan tanda-tanda akan turunnya hujan IPA

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi dongeng BAHASA INDONESIA
  • Siswa dapat menceritakan tanda-tanda akan turunnya hujan IPA

V. MATERI
  • Dongeng BAHASA INDONESIA
  • Tanda-tanda akan turun hujan IPA
VI. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa.
    1. Bertanya jawab mengenai siapa yang menyukai dongeng dan dongeng apa yang pernah didengar.
    2. Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama
b. Kegiatan Inti
  1. Siswa  mendengarkan dongeng Kodi Kodok Merindukan Hujan yang dibacakan guru
  2. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan dongeng yang didengar
  3. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai tanda-tanda akan turun hujan
  4. Siswa mengamati dan menganalisis apakah hari ini akan turun hujan atau tidak
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  2. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  3. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Dongeng Kodi Kodok Merindukan Hujan
  • Lingkungan sekitar
  • Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, IPS)
  • Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, IPS)
VIII. PENILAIAN
  • Penilaian Tertulis Obyektif
  • Penilaian Tertulis Subyektif



Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA                              : Lingkungan
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 4 JP (17 Maret 2010)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
  • Menggunakan pengukuran berat MATEMATIKA
  • Mengapresiasi karya seni musik SBK


II. KOMPETENSI DASAR
  • Membandingkan berat benda (ringan, berat) MATEMATIKA
  • Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam SBK

III.   INDIKATOR
  • Membandingkan berat dua benda atau lebih melalui istilah lebih berat, lebih ringan atau sama berat MATEMATIKA
  • Melakukan tepuk tangan bervariasi SBK
  • Menyanyikan sebuah lagu dengan unsur / elemen musik yang benar
  • Memainkan alat musik sederhana

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat membandingkan berat dua benda atau lebih melalui istilah lebih berat, lebih ringan atau sama berat MATEMATIKA
  • Siswa dapat melakukan tepuk tangan bervariasi SBK
  • Siswa dapat menyanyikan sebuah lagu dengan unsur / elemen musik yang benar
  • Siswa dapat memainkan alat musik sederhana

V. MATERI
  • Berat benda BAHASA INDONESIA
  • Unsur?elemen musik SBK
VI.   LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama
  3. Guru mengingatkan materi sebelumnya
b. Kegiatan Inti
  1. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai istilah lebih berat, lebih ringan dan sama berat.
  2. Siswa membandingkan berat dua benda/lebih menggunakan istilah lebih berat, lebih ringan dan sama berat.
  3. Siswa mengerjakan latihan soal dalam buku kerja
  4. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai sumber bunyi
  5. Siswa bersama guru melakukan tanya jawab mengenai sumber bunyi yang dihasilkan alam
  6. Siswa menirukan suara debur ombak, buah jatuh, deru pohon bambu, suara petir, dsb
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  2. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  3. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Lingkungan sekitar
  • Buku Teks siswa (matematika, SBK)
  • Kurikulum  mata pelajaran (matematika SBK)
VIII. PENILAIAN
  • Penilaian Lisan (dalam proses)
  • Penilaian Tertulis Obyektif
  • Penilaian Tertulis Subyektif


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA                              : Lingkungan
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 4JP (18 Maret 2010)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
  • Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng 
  • Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah PKn

II. KOMPETENSI DASAR
  • Memerankan  tokoh  dongeng atau cerita rakyat  yang disukai dengan ekspresi yang sesuai BAHASA INDONESIA
  • Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah PKn
III.   INDIKATOR
  • Membaca naskah dongeng yang akan diperankan BAHASA INDONESIA
  • Memerankan tokoh sesuai isi, karakter yang ada pada dongeng
  • Menyebutkan perilaku mengikuti tata tertib di rumah PKn
  • Menjelaskan manfaat mengikuti tata tertib di rumah

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat memerankan tokoh sesuai isi, karakter yang ada pada dongeng BAHASA INDONESIA
  • Siswa dapat menyebutkan perilaku mengikuti tata tertib di rumah PKn
  • Siswa dapat menjelaskan manfaat mengikuti tata tertib di rumah

V. MATERI
  • Memerankan tokoh dongeng BAHASA INDONESIA
  • Tata tertib di rumah PKn
VI.   LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama
b. Kegiatan Inti
  1. Siswa membaca dongeng
  2. Siswa bersama guru bertanya jawab mengenai isi dongeng dan karakter tokoh dalam dongeng
  3. Siswa memerankan tokoh sesuai isi, karakter yang ada pada dongeng
  4. Siswa mendengarkan penjelasan perilaku mengikuti tata tertib di rumah dan manfaatnya
  5. Siswa menceritakan tata tertib yang ada di rumahnya masing-masing
  6. Siswa mengerjakan latihan soal dalam  buku
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  2. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  3. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Dongeng
  • Lingkungan sekitar
  • Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn)
  • Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn)
VIII. PENILAIAN
  • Penilaian Lisan (dalam proses)
  • Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
  • Penilaian Tertulis Obyektif
  • Penilaian Tertulis Subyektif


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA                              : Lingkungan
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 4 JP (19 Maret 2010)


  1. I. STANDAR KOMPETENSI
  • Menggunakan pengukuran berat MATEMATIKA
  • Memahami teks pendek dengan membaca  lancar dan membaca puisi anak BAHASA INDONESIA

II. KOMPETENSI DASAR
  • Membandingkan berat benda (ringan, berat) MATEMATIKA
  • Membaca  lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat BAHASA INDONESIA

III.   INDIKATOR
  • Menghitung dengan alat sempoa MATEMATIKA
  • Membaca teks pendek secara lancar dengan lafal dan intonasi yang benar BAHASA INDONESIA
  • Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat menghitung dengan alat sempoa MATEMATIKA
  • Siswa dapat membaca teks pendek secara lancar dengan lafal dan intonasi yang benar BAHASA INDONESIA
  • Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan

V. MATERI
  • Menghitung dengan sempoa MATEMATIKA
  • Teks pendek BAHASA INDONESIA

VI. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Mengajak siswa menyanyikan lagu sempoa
  3. Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama
b. Kegiatan Inti
  1. Siswa menirukan gerakan tangan guru yang menggunakan alat sempoa
  2. Siswa mengerjakan latihan soal
  3. Siswa mendengar penjelasan guru mengenai cara membaca sesuai lafal dan intonasi yang benar
  4. Siswa membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang benar
  5. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang tadi dibaca
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  2. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  3. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia,  Matematika)
  • Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Matematika)
  • Sempoa
VIII. PENILAIAN
  • Penilaian Tertulis Obyektif
  • Penilaian Tertulis Subyektif



Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA                              : Lingkungan
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 4 JP ( 22 Maret 2010)

I. STANDAR KOMPETENSI
  • Menggunakan pengukuran berat MATEMATIKA
  • Mendeskripsikan lingkungan rumah IPS

II.  KOMPETENSI DASAR
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda MATEMATIKA
  • Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah IPS

III.   INDIKATOR
  • Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan berat benda MATEMATIKA
  • Menjelaskan manfaat lingkungan rumah sehat IPS
  • Menjelaskan akibat lingkungan rumah tidak sehat

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan berat benda MATEMATIKA
  • Siswa dapat menjelaskan manfaat lingkungan rumah sehat IPS
  • Siswa dapat menjelaskan akibat lingkungan rumah tidak sehat

V. MATERI
  • Berat benda MATEMATIKA
  • Rumah sehat IPS

VI.   LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa
Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama
b. Kegiatan Inti
  1. Guru mengulang/menguatkan materi sebelumnya mengenai berat benda
  2. Siswa mengerjakan latihan soal cerita yang berkaitan dengan berat benda
  3. Siswa mendengarkan penjelasan mengenai manfaat lingkungan rumah sehat
  4. Siswa mendiskusikan akibat lingkungan rumah tidak sehat
  5. Hasil diskusi dilaporkan kepada guru dan guru memberikan klarifikasi terhadap hasil diskusi siswa.
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  2. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  3. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Buku Teks siswa (Matematika, IPS)
  • Kurikulum  mata pelajaran (Matematika, IPS)
  • Lingkungan
VIII. PENILAIAN
  • Penilaian Lisan (dalam proses)
  • Penilaian Tertulis Obyektif
  • Penilaian Tertulis Subyektif



Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA                              : LINGKUNGAN
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 4 JP (23 Maret 2010)


I. STANDAR KOMPETENSI
  • Menulis permulaan dengan huruf  tegak bersambung melalui kegiatan dikte  dan  menyalin   BAHASA INDONESIA
  • Mengenal berbagai benda langit  dan peristiwa alam  (cuaca dan musim)  serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia IPA

II.  KOMPETENSI DASAR
  • Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung BAHASA INDONESIA
  • Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita IPA
III.   INDIKATOR
  • Menulis atau mencontoh puisi anak di papan tulis dengan huruf tegak bersambung BAHASA INDONESIA
  • menceritakan tanda-tanda tidak akan turunnya hujan IPA

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat menulis atau mencontoh puisi anak di papan tulis dengan huruf tegak bersambung BAHASA INDONESIA
  • Siswa dapat menceritakan tanda-tanda tidak akan turunnya hujan IPA

V. MATERI
  • Puisi BAHASA INDONESIA
  • Cuaca IPA
VI.   LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama
b. Kegiatan Inti
  1. Guru menulis puisi di papan tulis dengan huruf tegak bersambung
  2. Siswa mencontoh puisi dari papan tulis
  3. Siswa menjelaskan tanda-tanda tidak akan turun hujan
  4. Siswa mengamati dan  menganalisis apakah hari ini akan turun hujan
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  2. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  3. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Lingkungan sekitar
  • Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, IPA/Sains)
  • Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, IPA/Sains)
VIII. PENILAIAN
  • Penilaian Tertulis Obyektif
  • Penilaian Tertulis Subyektif
Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA                              : Lingkungan
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           :  4 JP (24 Maret 2010)


I. STANDAR KOMPETENSI
  • Menggunakan pengukuran berat MATEMATIKA
  • Mengapresiasi karya seni musik SBK

II.  KOMPETENSI DASAR
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda MATEMATIKA
  • Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan alam SBK
III.   INDIKATOR
  • Mengurutkan benda berdasarkan urutan berat ringannya MATEMATIKA
  • Membedakan bunyi panjang dan bunyi pendek SBK
  • Menirukan suara deru ombak, buah jatuh, deru pohon bambu, suara petir dsb

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat mengurutkan benda berdasarkan urutan berat ringannya MATEMATIKA
  • Siswa dapat membedakan bunyi panjang dan bunyi pendek SBK
  • Siswa dapat menirukan suara deru ombak, buah jatuh, deru pohon bambu, suara petir
dsb

V. MATERI
  • Mengurutkan benda MATEMATIKA
  • Sumber bunyi alam SBK
VI.   LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama
b. Kegiatan Inti
  1. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai cara mengurutkan benda berdasarkan urutan berat ringannya
  2. Siswa mengurutkan benda berdasarkan urutan berat ringannya
  3. Guru menjelaskan cara membedakan bunyi panjang dan bunyi pendek
  4. Siswa menirukan suara deru ombak, buah jatuh, deru pohon bambu, suara petir dsb
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  2. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  3. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Buku Teks siswa (Matematika, SBK)
  • Kurikulum  mata pelajaran (Matematika, SBK)
VIII. PENILAIAN
  • Penilaian Tertulis Obyektif
  • Penilaian Tertulis Subyektif
  • Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)



Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA                              : Lingkungan
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 4 JP (25 Maret 2010)


I. STANDAR KOMPETENSI
  • Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng  BAHASA INDONESIA
  • Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah PKn

II.  KOMPETENSI DASAR
  • Menyebutkan  isi dongeng BAHASA INDONESIA
  • Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah PKn
III.   INDIKATOR
  • Mendengarkan dongeng dari guru atau teman BAHASA INDONESIA
  • Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
  • Menyebutkan perilaku mengikuti tata tertib di sekolah PKn
  • Menjelaskan manfaat mengikuti tata tertib di sekolah
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri BAHASA INDONESIA
    • Menyebutkan perilaku mengikuti tata tertib di sekolah PKn
    • Menjelaskan manfaat mengikuti tata tertib di sekolah
V. MATERI
  • Dongeng BAHASA INDONESIA
  • Tata tertib di sekolah PKn
VI.   LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama
b. Kegiatan Inti
  1. Siswa mendengarkan dongeng yang dibacakan guru
  2. Siswa bersama guru bertanya jawab mengenai isi dongeng
  3. Siswa menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
  4. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai perilaku mengikuti tata tertib di sekolah
  5. Siswa mendengarkan penjelasan mengenai manfaat mengikuti tata tertib di sekolah
  6. Siswa mendiskusikan manfaat tata tertib
  7. Hasil diskusi dilaporkan kepada guru dan guru memberikan klarifikasi terhadap hasil diskusi siswa.
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  2. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  3. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Dongeng
  • Tata tertib sekolah
  • Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn)
  • Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn)
VIII. PENILAIAN
  • Penilaian Lisan (dalam proses)
  • Penilaian Tertulis Obyektif
  • Penilaian Tertulis Subyektif


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA                              : Lingkungan
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 4 JP (26 Maret 2010)


I. STANDAR KOMPETENSI
  • Menggunakan pengukuran berat MATEMATIKA
  • Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng  BAHASA INDONESIA

II.  KOMPETENSI DASAR
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda MATEMATIKA
  • Memerankan  tokoh  dongeng atau cerita rakyat  yang disukai dengan ekspresi yang sesuai BAHASA INDONESIA

III.   INDIKATOR
  • Menghitung dengan alat sempoa MATEMATIKA
  • Membaca naskah dongeng yang akan diperankan BAHASA INDONESIA
  • Memerankan tokoh sesuai isi, karakter yang ada pada dongeng
  • Memilih perilaku tokoh yang disukai
  • Menjelaskan alasan mengapa menyukai tokoh tersebut

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat menghitung dengan alat sempoa MATEMATIKA
  • Siswa dapat membaca naskah dongeng yang akan diperankan BAHASA INDONESIA
  • Siswa dapat memerankan tokoh sesuai isi, karakter yang ada pada dongeng
  • Siswa dapat memilih perilaku tokoh yang disukai
  • Siswa dapat menjelaskan alasan mengapa menyukai tokoh tersebut

V. MATERI
  • Menghitung dengan sempoa MATEMATIKA
  • Memerankan tokoh dalam dongeng BAHASA INDONESIA
VI.   LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama
b. Kegiatan Inti
  1. Siswa memperhatikan guru yang sedang memberi contoh menghitung dengan alat sempoa, kemudian siswa menirukan
  2. Siswa mengerjakan latihan soal menghitung dengan alat sempoa
  3. Guru membagikan teks dongeng
  4. Siswa membaca dongeng
  5. Siswa bersama guru bertanya jawab mengenai tokoh-tokoh dalam dongeng
  6. Siswa memilih perilaku tokoh dalam dongeng yang disukai
  7. Siswa menjelaskan alasan mengapa menyukai tokoh tersebut
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  2. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  3. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Dongeng
  • Sempoa
  • Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, Matematika)
  • Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Matematika)
VIII. PENILAIAN
  • Penilaian Lisan (dalam proses)
  • Penilaian Tertulis Obyektif
  • Penilaian Tertulis Subyektif


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA                              : Lingkungan
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 4 JP (29 Maret 2010)


I. STANDAR KOMPETENSI
  • Menggunakan pengukuran berat MATEMATIKA
  • Mendeskripsikan lingkungan rumah IPS

II.  KOMPETENSI DASAR
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda MATEMATIKA
  • Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah IPS

III.   INDIKATOR
  • Mengukur dan menyatakan berat benda dengan satuan tak baku MATEMATIKA
  • menyebutkan hal-hal yang menyebabkan lingkungan rumah tidak sehat IPS

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat mengukur dan menyatakan berat benda dengan satuan tak baku MATEMATIKA
  • Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang menyebabkan lingkungan rumah tidak sehat IPS
V. MATERI
  • Berat benda MATEMATIKA
  • Rumah sehat IPS
VI.   LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama
b. Kegiatan Inti
  1. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai cara mengukur dan menyatakan berat benda dengan satuan tak baku
  2. Siswa mencoba mengukur dan menyatakan berat benda dengan satuan tak baku
  3. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai hal-hal yang menyebabkan lingkungan rumah tidak sehat
  4. Siswa mendengarkan penjelasan mengenai perilaku menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan rumah
  5. Siswa menyebutkan perilaku menjaga kebersihan dan kerapian di rumahnya masing-masing
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  2. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  3. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Lingkungan sekitar
  • Buku Teks siswa (Matematika, IPS)
  • Kurikulum  mata pelajaran (Matematika, IPS)
VIII. PENILAIAN
  • Penilaian Tertulis Obyektif
  • Penilaian Tertulis Subyektif



Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA                              : LINGKUNGAN
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 4 JP (30 Maret 2010)


I. STANDAR KOMPETENSI
  • Memahami teks pendek dengan membaca  lancar dan membaca puisi anak BAHASA INDONESIA
  • Mengenal berbagai benda langit  dan peristiwa alam  (cuaca dan musim)  serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia IPA

II.  KOMPETENSI DASAR
  • Membaca  lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat BAHASA INDONESIA
  • Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita IPA
III.   INDIKATOR
  • Membaca teks pendek secara lancar dengan lafal dan intonasi yang benar BAHASA INDONESIA
  • Menjelaskan kata-kata sulit
  • Menceritakan isi bacaan
  • menjelaskan perbedaan suhu pada musim kemarau dan musim hujan IPA

  1. IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat membaca teks pendek secara lancar dengan lafal dan intonasi yang benar BAHASA INDONESIA
  • Siswa dapat menjelaskan kata-kata sulit
  • Siswa dapat menceritakan isi bacaan
  • Siswa dapat menjelaskan perbedaan suhu pada musim kemarau dan musim hujan IPA
V. MATERI
  • Dongeng BAHASA INDONESIA
  • Perbedaan suhu pada musim kemarau dan musim hujan IPA

VI.   LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama
b. Kegiatan Inti
  1. Siswa membaca cerita /teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat
  2. Siswa bersama guru bertanya jawab mengenai kata-kata yang sulit dalam cerita/teks pendek
  3. Siswa menceritakan isi bacaan
  4. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai perbedaan suhu pada musim kemarau dan musim hujan
  5. Siswa menceritakan apa yang dirasakan pada musim kemarau dan musim hujan
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  2. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  3. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • cerita/teks pendek
  • Lingkungan sekitar
  • Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, IPA/Sains)
  • Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn)
VIII. PENILAIAN
  • Penilaian Tertulis Obyektif
  • Penilaian Tertulis Subyektif


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA                              : Lingkungan
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 4 JP (31 Maret 2010)


I. STANDAR KOMPETENSI
  • Menggunakan pengukuran berat MATEMATIKA
  • Mengapresiasi karya seni musik SBK

II.  KOMPETENSI DASAR
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda MATEMATIKA
  • Mengidentifikasi irama dan melodi sederhana SBK

III.   INDIKATOR
  • Membandingkan hasil pengukuran dua benda atau lebih dengan satuan tak baku MATEMATIKA
  • Mendengar suara alat musik sederhana dan membedakannya ( seruling, gamelan) SBK
  • Bertepuk tangan dengan tempo ( irama )
  • Menunjukkan irama lagu  dan melodi sederhana

  1. IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat membandingkan hasil pengukuran dua benda atau lebih dengan satuan tak baku MATEMATIKA
  • Siswa dapat mendengar suara alat musik sederhana dan membedakannya ( seruling, gamelan) SBK
  • Siswa dapat bertepuk tangan dengan tempo ( irama )
  • Siswa dapat meunjukkan irama lagu  dan melodi sederhana

  1. V. MATERI
  • Berat benda dan satuan tak baku MATEMATIKA
  • Irama dan melodi sederhana SBK
VI.   LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama
b. Kegiatan Inti
  1. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai cara membandingkan hasil pengukuran dua benda tau lebih dengan satuan tak baku
  2. Siswa mencoba membandingkan hasil pengukuran dua benda atau lebih dengan satuan tak baku
  3. Siswa mendengar suara alat musik sederhana dan membedakannya ( seruling, gamelan)
  4. Siswa bertepuk tangan dengan tempo (irama)
  5. Siswa menunjukkan irama lagu dan melodi sederhana
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  2. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  3. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Buku Teks siswa (Matematika, SBK)
  • Kurikulum  mata pelajaran (Matematika, SBK)

VIII. PENILAIAN
  • Penilaian Tertulis Obyektif
  • Penilaian Tertulis Subyektif


Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH                       : SDIT luqman Al Hakim
TEMA                              : Lingkungan
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 4 JP (1  April 2010)


I. STANDAR KOMPETENSI
  • Menulis permulaan dengan huruf  tegak bersambung melalui kegiatan dikte  dan  menyalin   BAHASA INDONESIA
  • Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah PKn

II.  KOMPETENSI DASAR
  • Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung BAHASA INDONESIA
  • Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah PKn
III.   INDIKATOR
  • Menyalin puisi dari huruf lepas menjadi puisi dengan huruf tegak bersambung BAHASA INDONESIA.
  • Menjelaskan akibat tidak mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah PKn

  1. IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat menyalin puisi dari huruf lepas menjadi puisi dengan huruf tegak bersambung BAHASA INDONESIA.
  • Siswa dapat menjelaskan akibat tidak mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah PKn
  1. V. MATERI
  • Puisi BAHASA INDONESIA
  • Akibat tidak mengikuti tata tertib PKn

VI.   LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama
b. Kegiatan Inti
  1. Guru menulis puisi dengan huruf lepas di papan tulis
  2. Siswa menyalin puisi dari huruf lepas menjadi puisi dengan huruf tegak bersambung
  3. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai akibat tidak mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah
  4. Siswa mendiskusikan akibat tidak mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah (studi kasus)
  5. Hasil diskusi dilaporkan kepada guru dan guru memberikan klarifikasi terhadap hasil diskusi siswa.
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  2. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  3. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Tata tertib sekolah
  • Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn)
  • Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn)
VIII. PENILAIAN
  • Penilaian Tertulis Obyektif
  • Penilaian Tertulis Subyektif



Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH                       : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA                              : Lingkungan
KELAS /SEMESTER      : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU                           : 4 JP (2 April 2010)


I. STANDAR KOMPETENSI
  • Menggunakan pengukuran berat MATEMATIKA
  • Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng  BAHASA INDONESIA

II.  KOMPETENSI DASAR
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda MATEMATIKA
  • Menyebutkan  isi dongeng BAHASA INDONESIA

III.   INDIKATOR
  • Menghitung menggunakan alat sempoa MATEMATIKA
  • Mendengarkan dongeng dari guru atau teman BAHASA INDONESIA
  • Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
  • Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri

  1. IV. MATERI PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat menghitung menggunakan alat sempoa MATEMATIKA
  • Siswa dapat mendengarkan dongeng dari guru atau teman BAHASA INDONESIA
  • Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
  • Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
V. MATERI
  • Menghitung dengan sempoa MATEMATIKA
  • Dongeng BAHASA INDONESIA
VI. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdoa
  2. Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama
b. Kegiatan Inti
  1. Siswa memperhatikan guru yang sedang memberi contoh menghitung dengan alat sempoa, kemudian siswa menirukan
  2. Sisiwa mengerjakan latihan soal menghitung dengan alat sempoa
  3. Siswa mendengarkan dongeng yang dibacakan guru
  4. Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi dongeng
  5. Siswa menjelaskan isi dongeng
c.    Kegiatan Akhir/Penutup
  1. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
  2. Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
  3. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  • Sempoa
  • Dongeng
  • Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, Matematika)
  • Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Matematika)
VIII. PENILAIAN
  • Penilaian Tertulis Obyektif
  • Penilaian Tertulis Subyektif



Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas I