RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA : Lingkungan
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU : 4 JP, (15 Maret 2010)
- I. STANDAR KOMPETENSI
- Menggunakan pengukuran berat MATEMATIKA
- Mendeskripsikan lingkungan rumah IPS
II. KOMPETENSI DASAR
- Membandingkan berat benda (ringan, berat) MATEMATIKA
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
- Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah IPS
- Memberi contoh benda yang ringan dan berat MATEMATIKA
- Menggunakan neraca untuk mengukur berat benda.
- Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat IPS
- Menyebutkan ciri-ciri rumah tidak sehat
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat memberi contoh benda yang ringan dan berat MATEMATIKA
- Siswa dapat menggunakan neraca untuk mengukur berat benda.
- Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri rumah sehat IPS
- Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri rumah tidak sehat
V. MATERI
- Berat benda MATEMATIKA
- Ciri-ciri rumah sehat IPS
VI. LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal/Pendahuluan
- Mengajak semua siswa berdoa
- Bertanya jawab tentang benda-benda yang ada di sekitar lingkungan rumah
- Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama
- Meminta semua siswa mengamati benda –benda yang dibawa guru.
- Guru memperlihatkan neraca dan menjelaskan cara menggunakannya.
- Siswa dibagi beberapa kelompok untuk mempraktikkan mengukur berat benda dengan neraca.
- Siswa secara berkelompok mendiskusikan benda apa yang ada di lingkungan rumah yang dapat diukur dengan neraca
- Hasil diskusi dilaporkan kepada guru dan guru memberikan klarifikasi terhadap hasil diskusi siswa.
- Guru menjelaskan ciri-ciri rumah sehat.
- Siswa mendiskusikan ciri-ciri rumah tidak sehat
- Hasil diskusi dilaporkan kepada guru dan guru memberikan klarifikasi terhadap hasil diskusi siswa.
- Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
- Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
- Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
- Gambar rumah
- Lingkungan sekitar
- Buku Teks siswa (matematika, IPS)
- Kurikulum mata (matematika, IPS)
- Penilaian Lisan (dalam proses)
- Penilaian Tertulis Obyektif
- Penilaian Tertulis Subyektif
- Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)
Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA : LINGKUNGAN
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU : 4 JP (16 Maret 2010)
- I. STANDAR KOMPETENSI
- Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng BAHASA INDONESIA
- Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia IPA
II. KOMPETENSI DASAR
- Menyebutkan isi dongeng BAHASA INDONESIA
- Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita IPA
- Mendengarkan dongeng dari guru atau teman BAHASA INDONESIA
- Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
- menceritakan tanda-tanda akan turunnya hujan IPA
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi dongeng BAHASA INDONESIA
- Siswa dapat menceritakan tanda-tanda akan turunnya hujan IPA
V. MATERI
- Dongeng BAHASA INDONESIA
- Tanda-tanda akan turun hujan IPA
a. Kegiatan Awal/Pendahuluan
- Mengajak semua siswa berdoa.
- Bertanya jawab mengenai siapa yang menyukai dongeng dan dongeng apa yang pernah didengar.
- Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama
- Siswa mendengarkan dongeng Kodi Kodok Merindukan Hujan yang dibacakan guru
- Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan dongeng yang didengar
- Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai tanda-tanda akan turun hujan
- Siswa mengamati dan menganalisis apakah hari ini akan turun hujan atau tidak
- Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
- Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
- Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
- Dongeng Kodi Kodok Merindukan Hujan
- Lingkungan sekitar
- Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, IPS)
- Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, IPS)
- Penilaian Tertulis Obyektif
- Penilaian Tertulis Subyektif
Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA : Lingkungan
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU : 4 JP (17 Maret 2010)
- I. STANDAR KOMPETENSI
- Menggunakan pengukuran berat MATEMATIKA
- Mengapresiasi karya seni musik SBK
II. KOMPETENSI DASAR
- Membandingkan berat benda (ringan, berat) MATEMATIKA
- Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam SBK
III. INDIKATOR
- Membandingkan berat dua benda atau lebih melalui istilah lebih berat, lebih ringan atau sama berat MATEMATIKA
- Melakukan tepuk tangan bervariasi SBK
- Menyanyikan sebuah lagu dengan unsur / elemen musik yang benar
- Memainkan alat musik sederhana
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat membandingkan berat dua benda atau lebih melalui istilah lebih berat, lebih ringan atau sama berat MATEMATIKA
- Siswa dapat melakukan tepuk tangan bervariasi SBK
- Siswa dapat menyanyikan sebuah lagu dengan unsur / elemen musik yang benar
- Siswa dapat memainkan alat musik sederhana
V. MATERI
- Berat benda BAHASA INDONESIA
- Unsur?elemen musik SBK
a. Kegiatan Awal/Pendahuluan
- Mengajak semua siswa berdoa
- Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama
- Guru mengingatkan materi sebelumnya
- Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai istilah lebih berat, lebih ringan dan sama berat.
- Siswa membandingkan berat dua benda/lebih menggunakan istilah lebih berat, lebih ringan dan sama berat.
- Siswa mengerjakan latihan soal dalam buku kerja
- Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai sumber bunyi
- Siswa bersama guru melakukan tanya jawab mengenai sumber bunyi yang dihasilkan alam
- Siswa menirukan suara debur ombak, buah jatuh, deru pohon bambu, suara petir, dsb
- Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
- Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
- Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
- Lingkungan sekitar
- Buku Teks siswa (matematika, SBK)
- Kurikulum mata pelajaran (matematika SBK)
- Penilaian Lisan (dalam proses)
- Penilaian Tertulis Obyektif
- Penilaian Tertulis Subyektif
Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA : Lingkungan
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU : 4JP (18 Maret 2010)
- I. STANDAR KOMPETENSI
- Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng
- Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah PKn
II. KOMPETENSI DASAR
- Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang sesuai BAHASA INDONESIA
- Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah PKn
- Membaca naskah dongeng yang akan diperankan BAHASA INDONESIA
- Memerankan tokoh sesuai isi, karakter yang ada pada dongeng
- Menyebutkan perilaku mengikuti tata tertib di rumah PKn
- Menjelaskan manfaat mengikuti tata tertib di rumah
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat memerankan tokoh sesuai isi, karakter yang ada pada dongeng BAHASA INDONESIA
- Siswa dapat menyebutkan perilaku mengikuti tata tertib di rumah PKn
- Siswa dapat menjelaskan manfaat mengikuti tata tertib di rumah
V. MATERI
- Memerankan tokoh dongeng BAHASA INDONESIA
- Tata tertib di rumah PKn
a. Kegiatan Awal/Pendahuluan
- Mengajak semua siswa berdoa
- Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama
- Siswa membaca dongeng
- Siswa bersama guru bertanya jawab mengenai isi dongeng dan karakter tokoh dalam dongeng
- Siswa memerankan tokoh sesuai isi, karakter yang ada pada dongeng
- Siswa mendengarkan penjelasan perilaku mengikuti tata tertib di rumah dan manfaatnya
- Siswa menceritakan tata tertib yang ada di rumahnya masing-masing
- Siswa mengerjakan latihan soal dalam buku
- Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
- Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
- Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
- Dongeng
- Lingkungan sekitar
- Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn)
- Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn)
- Penilaian Lisan (dalam proses)
- Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
- Penilaian Tertulis Obyektif
- Penilaian Tertulis Subyektif
Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA : Lingkungan
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU : 4 JP (19 Maret 2010)
- I. STANDAR KOMPETENSI
- Menggunakan pengukuran berat MATEMATIKA
- Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak BAHASA INDONESIA
II. KOMPETENSI DASAR
- Membandingkan berat benda (ringan, berat) MATEMATIKA
- Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat BAHASA INDONESIA
III. INDIKATOR
- Menghitung dengan alat sempoa MATEMATIKA
- Membaca teks pendek secara lancar dengan lafal dan intonasi yang benar BAHASA INDONESIA
- Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat menghitung dengan alat sempoa MATEMATIKA
- Siswa dapat membaca teks pendek secara lancar dengan lafal dan intonasi yang benar BAHASA INDONESIA
- Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
V. MATERI
- Menghitung dengan sempoa MATEMATIKA
- Teks pendek BAHASA INDONESIA
VI. LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal/Pendahuluan
- Mengajak semua siswa berdoa
- Mengajak siswa menyanyikan lagu sempoa
- Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama
- Siswa menirukan gerakan tangan guru yang menggunakan alat sempoa
- Siswa mengerjakan latihan soal
- Siswa mendengar penjelasan guru mengenai cara membaca sesuai lafal dan intonasi yang benar
- Siswa membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang benar
- Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang tadi dibaca
- Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
- Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
- Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
- Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, Matematika)
- Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Matematika)
- Sempoa
- Penilaian Tertulis Obyektif
- Penilaian Tertulis Subyektif
Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA : Lingkungan
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU : 4 JP ( 22 Maret 2010)
I. STANDAR KOMPETENSI
- Menggunakan pengukuran berat MATEMATIKA
- Mendeskripsikan lingkungan rumah IPS
II. KOMPETENSI DASAR
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda MATEMATIKA
- Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah IPS
III. INDIKATOR
- Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan berat benda MATEMATIKA
- Menjelaskan manfaat lingkungan rumah sehat IPS
- Menjelaskan akibat lingkungan rumah tidak sehat
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan berat benda MATEMATIKA
- Siswa dapat menjelaskan manfaat lingkungan rumah sehat IPS
- Siswa dapat menjelaskan akibat lingkungan rumah tidak sehat
V. MATERI
- Berat benda MATEMATIKA
- Rumah sehat IPS
VI. LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa
Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama
b. Kegiatan Inti
- Guru mengulang/menguatkan materi sebelumnya mengenai berat benda
- Siswa mengerjakan latihan soal cerita yang berkaitan dengan berat benda
- Siswa mendengarkan penjelasan mengenai manfaat lingkungan rumah sehat
- Siswa mendiskusikan akibat lingkungan rumah tidak sehat
- Hasil diskusi dilaporkan kepada guru dan guru memberikan klarifikasi terhadap hasil diskusi siswa.
- Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
- Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
- Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
- Buku Teks siswa (Matematika, IPS)
- Kurikulum mata pelajaran (Matematika, IPS)
- Lingkungan
- Penilaian Lisan (dalam proses)
- Penilaian Tertulis Obyektif
- Penilaian Tertulis Subyektif
Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA : LINGKUNGAN
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU : 4 JP (23 Maret 2010)
I. STANDAR KOMPETENSI
- Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin BAHASA INDONESIA
- Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia IPA
II. KOMPETENSI DASAR
- Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung BAHASA INDONESIA
- Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita IPA
- Menulis atau mencontoh puisi anak di papan tulis dengan huruf tegak bersambung BAHASA INDONESIA
- menceritakan tanda-tanda tidak akan turunnya hujan IPA
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat menulis atau mencontoh puisi anak di papan tulis dengan huruf tegak bersambung BAHASA INDONESIA
- Siswa dapat menceritakan tanda-tanda tidak akan turunnya hujan IPA
V. MATERI
- Puisi BAHASA INDONESIA
- Cuaca IPA
a. Kegiatan Awal/Pendahuluan
- Mengajak semua siswa berdoa
- Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama
- Guru menulis puisi di papan tulis dengan huruf tegak bersambung
- Siswa mencontoh puisi dari papan tulis
- Siswa menjelaskan tanda-tanda tidak akan turun hujan
- Siswa mengamati dan menganalisis apakah hari ini akan turun hujan
- Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
- Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
- Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
- Lingkungan sekitar
- Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, IPA/Sains)
- Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, IPA/Sains)
- Penilaian Tertulis Obyektif
- Penilaian Tertulis Subyektif
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA : Lingkungan
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU : 4 JP (24 Maret 2010)
I. STANDAR KOMPETENSI
- Menggunakan pengukuran berat MATEMATIKA
- Mengapresiasi karya seni musik SBK
II. KOMPETENSI DASAR
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda MATEMATIKA
- Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan alam SBK
- Mengurutkan benda berdasarkan urutan berat ringannya MATEMATIKA
- Membedakan bunyi panjang dan bunyi pendek SBK
- Menirukan suara deru ombak, buah jatuh, deru pohon bambu, suara petir dsb
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat mengurutkan benda berdasarkan urutan berat ringannya MATEMATIKA
- Siswa dapat membedakan bunyi panjang dan bunyi pendek SBK
- Siswa dapat menirukan suara deru ombak, buah jatuh, deru pohon bambu, suara petir
V. MATERI
- Mengurutkan benda MATEMATIKA
- Sumber bunyi alam SBK
a. Kegiatan Awal/Pendahuluan
- Mengajak semua siswa berdoa
- Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama
- Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai cara mengurutkan benda berdasarkan urutan berat ringannya
- Siswa mengurutkan benda berdasarkan urutan berat ringannya
- Guru menjelaskan cara membedakan bunyi panjang dan bunyi pendek
- Siswa menirukan suara deru ombak, buah jatuh, deru pohon bambu, suara petir dsb
- Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
- Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
- Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
- Buku Teks siswa (Matematika, SBK)
- Kurikulum mata pelajaran (Matematika, SBK)
- Penilaian Tertulis Obyektif
- Penilaian Tertulis Subyektif
- Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)
Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA : Lingkungan
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU : 4 JP (25 Maret 2010)
I. STANDAR KOMPETENSI
- Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng BAHASA INDONESIA
- Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah PKn
II. KOMPETENSI DASAR
- Menyebutkan isi dongeng BAHASA INDONESIA
- Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah PKn
- Mendengarkan dongeng dari guru atau teman BAHASA INDONESIA
- Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
- Menyebutkan perilaku mengikuti tata tertib di sekolah PKn
- Menjelaskan manfaat mengikuti tata tertib di sekolah
- Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri BAHASA INDONESIA
- Menyebutkan perilaku mengikuti tata tertib di sekolah PKn
- Menjelaskan manfaat mengikuti tata tertib di sekolah
- Dongeng BAHASA INDONESIA
- Tata tertib di sekolah PKn
a. Kegiatan Awal/Pendahuluan
- Mengajak semua siswa berdoa
- Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama
- Siswa mendengarkan dongeng yang dibacakan guru
- Siswa bersama guru bertanya jawab mengenai isi dongeng
- Siswa menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
- Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai perilaku mengikuti tata tertib di sekolah
- Siswa mendengarkan penjelasan mengenai manfaat mengikuti tata tertib di sekolah
- Siswa mendiskusikan manfaat tata tertib
- Hasil diskusi dilaporkan kepada guru dan guru memberikan klarifikasi terhadap hasil diskusi siswa.
- Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
- Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
- Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
- Dongeng
- Tata tertib sekolah
- Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn)
- Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn)
- Penilaian Lisan (dalam proses)
- Penilaian Tertulis Obyektif
- Penilaian Tertulis Subyektif
Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA : Lingkungan
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU : 4 JP (26 Maret 2010)
I. STANDAR KOMPETENSI
- Menggunakan pengukuran berat MATEMATIKA
- Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng BAHASA INDONESIA
II. KOMPETENSI DASAR
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda MATEMATIKA
- Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang sesuai BAHASA INDONESIA
III. INDIKATOR
- Menghitung dengan alat sempoa MATEMATIKA
- Membaca naskah dongeng yang akan diperankan BAHASA INDONESIA
- Memerankan tokoh sesuai isi, karakter yang ada pada dongeng
- Memilih perilaku tokoh yang disukai
- Menjelaskan alasan mengapa menyukai tokoh tersebut
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat menghitung dengan alat sempoa MATEMATIKA
- Siswa dapat membaca naskah dongeng yang akan diperankan BAHASA INDONESIA
- Siswa dapat memerankan tokoh sesuai isi, karakter yang ada pada dongeng
- Siswa dapat memilih perilaku tokoh yang disukai
- Siswa dapat menjelaskan alasan mengapa menyukai tokoh tersebut
V. MATERI
- Menghitung dengan sempoa MATEMATIKA
- Memerankan tokoh dalam dongeng BAHASA INDONESIA
a. Kegiatan Awal/Pendahuluan
- Mengajak semua siswa berdoa
- Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama
- Siswa memperhatikan guru yang sedang memberi contoh menghitung dengan alat sempoa, kemudian siswa menirukan
- Siswa mengerjakan latihan soal menghitung dengan alat sempoa
- Guru membagikan teks dongeng
- Siswa membaca dongeng
- Siswa bersama guru bertanya jawab mengenai tokoh-tokoh dalam dongeng
- Siswa memilih perilaku tokoh dalam dongeng yang disukai
- Siswa menjelaskan alasan mengapa menyukai tokoh tersebut
- Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
- Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
- Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
- Dongeng
- Sempoa
- Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, Matematika)
- Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Matematika)
- Penilaian Lisan (dalam proses)
- Penilaian Tertulis Obyektif
- Penilaian Tertulis Subyektif
Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA : Lingkungan
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU : 4 JP (29 Maret 2010)
I. STANDAR KOMPETENSI
- Menggunakan pengukuran berat MATEMATIKA
- Mendeskripsikan lingkungan rumah IPS
II. KOMPETENSI DASAR
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda MATEMATIKA
- Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah IPS
III. INDIKATOR
- Mengukur dan menyatakan berat benda dengan satuan tak baku MATEMATIKA
- menyebutkan hal-hal yang menyebabkan lingkungan rumah tidak sehat IPS
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat mengukur dan menyatakan berat benda dengan satuan tak baku MATEMATIKA
- Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang menyebabkan lingkungan rumah tidak sehat IPS
- Berat benda MATEMATIKA
- Rumah sehat IPS
a. Kegiatan Awal/Pendahuluan
- Mengajak semua siswa berdoa
- Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama
- Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai cara mengukur dan menyatakan berat benda dengan satuan tak baku
- Siswa mencoba mengukur dan menyatakan berat benda dengan satuan tak baku
- Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai hal-hal yang menyebabkan lingkungan rumah tidak sehat
- Siswa mendengarkan penjelasan mengenai perilaku menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan rumah
- Siswa menyebutkan perilaku menjaga kebersihan dan kerapian di rumahnya masing-masing
- Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
- Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
- Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
- Lingkungan sekitar
- Buku Teks siswa (Matematika, IPS)
- Kurikulum mata pelajaran (Matematika, IPS)
- Penilaian Tertulis Obyektif
- Penilaian Tertulis Subyektif
Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA : LINGKUNGAN
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU : 4 JP (30 Maret 2010)
I. STANDAR KOMPETENSI
- Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak BAHASA INDONESIA
- Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia IPA
II. KOMPETENSI DASAR
- Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat BAHASA INDONESIA
- Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita IPA
- Membaca teks pendek secara lancar dengan lafal dan intonasi yang benar BAHASA INDONESIA
- Menjelaskan kata-kata sulit
- Menceritakan isi bacaan
- menjelaskan perbedaan suhu pada musim kemarau dan musim hujan IPA
- IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat membaca teks pendek secara lancar dengan lafal dan intonasi yang benar BAHASA INDONESIA
- Siswa dapat menjelaskan kata-kata sulit
- Siswa dapat menceritakan isi bacaan
- Siswa dapat menjelaskan perbedaan suhu pada musim kemarau dan musim hujan IPA
- Dongeng BAHASA INDONESIA
- Perbedaan suhu pada musim kemarau dan musim hujan IPA
VI. LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal/Pendahuluan
- Mengajak semua siswa berdoa
- Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama
- Siswa membaca cerita /teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat
- Siswa bersama guru bertanya jawab mengenai kata-kata yang sulit dalam cerita/teks pendek
- Siswa menceritakan isi bacaan
- Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai perbedaan suhu pada musim kemarau dan musim hujan
- Siswa menceritakan apa yang dirasakan pada musim kemarau dan musim hujan
- Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
- Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
- Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
- cerita/teks pendek
- Lingkungan sekitar
- Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, IPA/Sains)
- Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn)
- Penilaian Tertulis Obyektif
- Penilaian Tertulis Subyektif
Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA : Lingkungan
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU : 4 JP (31 Maret 2010)
I. STANDAR KOMPETENSI
- Menggunakan pengukuran berat MATEMATIKA
- Mengapresiasi karya seni musik SBK
II. KOMPETENSI DASAR
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda MATEMATIKA
- Mengidentifikasi irama dan melodi sederhana SBK
III. INDIKATOR
- Membandingkan hasil pengukuran dua benda atau lebih dengan satuan tak baku MATEMATIKA
- Mendengar suara alat musik sederhana dan membedakannya ( seruling, gamelan) SBK
- Bertepuk tangan dengan tempo ( irama )
- Menunjukkan irama lagu dan melodi sederhana
- IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat membandingkan hasil pengukuran dua benda atau lebih dengan satuan tak baku MATEMATIKA
- Siswa dapat mendengar suara alat musik sederhana dan membedakannya ( seruling, gamelan) SBK
- Siswa dapat bertepuk tangan dengan tempo ( irama )
- Siswa dapat meunjukkan irama lagu dan melodi sederhana
- V. MATERI
- Berat benda dan satuan tak baku MATEMATIKA
- Irama dan melodi sederhana SBK
a. Kegiatan Awal/Pendahuluan
- Mengajak semua siswa berdoa
- Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama
- Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai cara membandingkan hasil pengukuran dua benda tau lebih dengan satuan tak baku
- Siswa mencoba membandingkan hasil pengukuran dua benda atau lebih dengan satuan tak baku
- Siswa mendengar suara alat musik sederhana dan membedakannya ( seruling, gamelan)
- Siswa bertepuk tangan dengan tempo (irama)
- Siswa menunjukkan irama lagu dan melodi sederhana
- Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
- Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
- Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
- Buku Teks siswa (Matematika, SBK)
- Kurikulum mata pelajaran (Matematika, SBK)
VIII. PENILAIAN
- Penilaian Tertulis Obyektif
- Penilaian Tertulis Subyektif
Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH : SDIT luqman Al Hakim
TEMA : Lingkungan
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU : 4 JP (1 April 2010)
I. STANDAR KOMPETENSI
- Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin BAHASA INDONESIA
- Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah PKn
II. KOMPETENSI DASAR
- Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung BAHASA INDONESIA
- Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah PKn
- Menyalin puisi dari huruf lepas menjadi puisi dengan huruf tegak bersambung BAHASA INDONESIA.
- Menjelaskan akibat tidak mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah PKn
- IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat menyalin puisi dari huruf lepas menjadi puisi dengan huruf tegak bersambung BAHASA INDONESIA.
- Siswa dapat menjelaskan akibat tidak mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah PKn
- V. MATERI
- Puisi BAHASA INDONESIA
- Akibat tidak mengikuti tata tertib PKn
VI. LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal/Pendahuluan
- Mengajak semua siswa berdoa
- Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama
- Guru menulis puisi dengan huruf lepas di papan tulis
- Siswa menyalin puisi dari huruf lepas menjadi puisi dengan huruf tegak bersambung
- Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai akibat tidak mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah
- Siswa mendiskusikan akibat tidak mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah (studi kasus)
- Hasil diskusi dilaporkan kepada guru dan guru memberikan klarifikasi terhadap hasil diskusi siswa.
- Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
- Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
- Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
- Tata tertib sekolah
- Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn)
- Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn)
- Penilaian Tertulis Obyektif
- Penilaian Tertulis Subyektif
Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH : SDIT Luqman Al Hakim
TEMA : Lingkungan
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU : 4 JP (2 April 2010)
I. STANDAR KOMPETENSI
- Menggunakan pengukuran berat MATEMATIKA
- Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng BAHASA INDONESIA
II. KOMPETENSI DASAR
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda MATEMATIKA
- Menyebutkan isi dongeng BAHASA INDONESIA
III. INDIKATOR
- Menghitung menggunakan alat sempoa MATEMATIKA
- Mendengarkan dongeng dari guru atau teman BAHASA INDONESIA
- Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
- Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
- IV. MATERI PEMBELAJARAN
- Siswa dapat menghitung menggunakan alat sempoa MATEMATIKA
- Siswa dapat mendengarkan dongeng dari guru atau teman BAHASA INDONESIA
- Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
- Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
- Menghitung dengan sempoa MATEMATIKA
- Dongeng BAHASA INDONESIA
a. Kegiatan Awal/Pendahuluan
- Mengajak semua siswa berdoa
- Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama
- Siswa memperhatikan guru yang sedang memberi contoh menghitung dengan alat sempoa, kemudian siswa menirukan
- Sisiwa mengerjakan latihan soal menghitung dengan alat sempoa
- Siswa mendengarkan dongeng yang dibacakan guru
- Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi dongeng
- Siswa menjelaskan isi dongeng
- Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
- Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
- Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
- Sempoa
- Dongeng
- Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, Matematika)
- Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Matematika)
- Penilaian Tertulis Obyektif
- Penilaian Tertulis Subyektif
Yogyakarta, 10 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas I